Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG) Siap Beribadah Sesuai Aturan Protokol Kesehatan

Posted by: Reply 245 Views

KJ, Jombang – Penyelenggaraan kegiatan keagamaan dan pedoman penyelenggaraan ibadah selama pandemi Covid-19 menjadi pesan penting yang disampaikan Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab saat bertemu dengan Pengurus dan anggota Bamag di Sekretariat BAMAG Jombang, Ruko Simpang 3 Jombang, Rabu (24/6/2020).

Bupati hadir memenuhi undangan pada acara Dialog Penerapan Kebijakan Menyonsong New Normal yang diselenggarakan Bamag tersebut didampingi Asisten 1, Kepala Kesbangpol, Kabag Humas Protokol.

Ketua Bamag Jombang Pdt. Paulus Herry Susanto menyampaikan bahwa seluruh anggota Bamag akan siap melaksanakan ibadah yang sesuai dengan peraturan dari pemerintah. “Apa yang sudah jadi peraturan tentang bagaimana menjalankan ibadah dimasa pandemi ini akan dilaksanakan sesuai aturan dan sesuai dengan protokol kesehatan, tuturnya.

Apa yang disarankan oleh Ibu Bupati, kami Bamag akan memfasilitasi seluruh anggota gereja, apabila ada yang ingin kembali membuka kegiatannya kembali Bamag akan mengajukan surat ke gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kabupaten Jombang. Dan untuk selanjutnya akan dilakukan pengecekan atau survey apakah Gereja tersebut sudah memenuhi persyaratan protokol kesehatan. Jika tidak, maka kegiatan gereja tidak boleh dibuka, tambahnya.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan bahwa semua tempat ibadah di Kabupaten Jombang harus bisa sesuai peraturan Bupati Jombang Nomor 34 Tahun 2020 yaitu tentang Pengendalian Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Jombang.

Untuk semua tempat ibadah harus bisa melaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Ada tempat cuci tangan, ada pemeriksaan suhu badan semua orang yang akan melakukan ibadah, ada penerapan physical distancing atau jaga jarak.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab mengajak pengurus badan musyawarah antar gereja (BMAG) untuk bersama, kompak menjaga kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama di Jombang. Sinergitas antara pemerintah dan BMAG untuk mengatasi Covid-19 diharapkan semakin kuat. Sehingga bisa kembali menuju kehidupan normal termasuk dalam biang ekonomi.

Ditegaskan juga bahwa gereja-gereja di Jombang diminta untuk mengawal suksesnya pemutusan mata rantai Covid-19 di Jombang. Diantaranya dengan menyemprot gedung gereja dan seluruh peralatan dengan disinfektan. Kegiatan di dalam gereja juga dibatasi, disarankan kepada jemaat agar beribadah di rumah masing-masing. Atau jika memungkinkan, bisa beribadah dengan live streaming.

Namun jika ada kegiatan yang mengharuskan jemaat datang ke gereja, tetap harus memenuhi persyaratan yang dianjurkan pemerintah yaitu jaga jarak, tidak ada sentuhan satu dengan yang lain, menganjurkan jemaat yang sakit tidak perlu hadir, mempersingkat durasi ibadah serta mengatur jarak antar kursi agar tidak berdekatan, tutup Bupati Mundjidah.

Pewarta Kabarjagad Agus Situju Haerah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below