Bulaga: Bupati Melayani Warga Kecamatan Perak Dan Kecamatan Bandarkedungmulyo Jombang

Posted by: Reply 670 Views

KJ, Jombang – Audiensi Bupati dan wakil Bupati bersama seluruh masyarakat Kecamatan Perak dan Bandarkedungmulyo. Bulaga (Bupati Melayani Warga) melayani segala Surat-surat dokumen pribadi seperti Akte, KTP, SIM, STNK, BPJS, Sertifikat Tanah, SIUP, Izin Usaha dan NPWP, bertempat dihalaman Balai Desa Sukorejo Kecamatan Perak Jombang Jawa Timur, Rabu (19/2/2020).

Bupati (Bupati Melayani Warga) dihadiri Gubernur Jawa Timur, OPD pendamping Provinsi Jawa Timur, Bupati, wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Forkopimda, Kepala OPD Kabupaten Jombang.

Bupati Jombang dalam sambutannya mengatakan, Demi terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat Kecamatan Perak dan Bandarkedungmulyo, Pemerintah Kabupaten Jombang melaksanakan kegiatan Bulaga (Bupati Melayani Warga). Bulaga diwujudkan dengan sistem jemput bola, kegiatan ini diwujudkan dengan cara Bupati dan wakil Bupati yang bertujuan memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien, ujar Hj. Mundjidah Wahab.

“Sasaran Bulaga saat ini, yaitu Kepala Desa, BPD, LKD, dan Perangkat Desa se Kecamatan Perak dan Kecamatan Bandarkedungmulyo serta warga pemohon. Bulaga bertujuan untuk menyelaraskan kebijakan antara Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Desa dengan berkantor dari Desa ke Desa. Alhamdulillah pelayanan ini didukung juga sama Kapolres Jombang dalam pengurusan SIM, juga kepada semua pihak termasuk TNI, Dinas kesehatan, Dinas Pendapatan Jawa Timur Samsat, kata Bupati.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur mengatakan, Apa yang disampaikan oleh ibu Bupati itu betul. Ada kolaborasi luar biasa, ada BPJS, layanan SIM, Samsat keliling, banyak sekali layanan-layanan untuk mendekatkan pada proses pemenuhan kebutuhan masyarakat. Ada sebuah orkestrasi disini, sebuah kolaborasi kalau tidak ada kendaktornya itu bisa kesana kemari musiknya. Maka orkestrasi ini kendaktornya ibu Bupati dan wakil Bupati jadilah ini Bulaga, ucap Ibu Khofifah Indar Parawansa.

Bagaimana Bupati memberikan layanan kepada warga. Tadi juga sudah saya sampaikan kepada ibu Bupati dan wakil Bupati akan disiapkan mall layanan publik untuk mengurus SIM, Buku Nikah, Pasport, dan seterusnya. Pola-pola ini memang harus dilakukan untuk bisa mendekatkan layanan kepada publik sekaligus akuntabilitas kepada masyarakat, tutur Gubernur.

Ibu Gubernur juga memanggil Kades Sukorejo dan bertanya langsung tentang Bulaga. Gubernur. Pak Kades, sebenarnya melihat Bulaga ini bagaimana, Kades menjawab dengan mengatakan dengan hadirnya Bulaga, Bupati Melayani warga, masyarakat Kecamatan Perak dan Bandarkedungmulyo sangat terbantu sekali sehingga pengurusan apa saja yang dibutuhkan masyarakat bisa dekat dan bisa lebih mudah mendapatkannya. Gubernur kembali bertanya, biasanya dalam pengurusan surat-surat harus melalui RT, RW, kalau RT siap, RW siap, maka pak Kades memberikan surat pengantar. Warga bisa mengakses seluruh layanan yang ada disini. Kalau semuanya sudah serba digital proses di Desa juga sudah bisa dipercepat, pungkas Gubernur Jawa Timur.

Terakhir. Gubernur bersama Bupati memberikan santunan kepada 5 anak yatim dan 5 janda miskin, menyerahkan penghargaan dan bantuan secara simbolis, Lembaga Kesejahteraan Sosial 5 Orang, Eks Peserta Penerima Bantuan Iuran 2 orang, Penerima Kartu Identitas Anak 3 orang, Peserta BPJS Ketenagakerjaan 5 orang, Peserta BPJS Kesejahteraan 2 orang, Pendidikan Anak Usia Dini 2 Orang.

Pewarta Kabarjagad Agus Situju Haerah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below