Bupati Tilik Desa Maguwan,  Panen Raya Melon

Posted by: Reply 145 Views

KJ,Ponorogo – Bupati Ponorogo  Drs H Ipong Muchlissoni Rabu (9/10) melakukan Tilik Desa di Desa Maguwan,  Kec Sambit,  Kabupaten Ponorogo. Pada acara tersebut Bupati Beserta Rombongan Organisasi Tingkat Daerah (OTD)  berkenan melakukan panen raya melon, yang merupakan produk unggulan pertanian di desa setempat.

Bupati mengatakan,  pihaknya bersyukur karena panen raya di desa Maguwan tergolong berhasil,  sehingga mampu meningkatkan perekononian masyarakat setempat. Sebab, harga melon satu kotaknya mencapai Rp 30 juta,  dengan biaya produksi sekitar Rp 15 juta. Hal ini sangat signifikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. “Jangka waktunya tanam sekitar 2 bulan,  sehingga keuntungan rata rata perbulan sekitar Rp 7,5 juta,  kerja apa sebulan dapat segitu, ” ucapnya.

Pihaknya akan memerintahkan kepada dinas pertanian untuk mencari solusi untuk meminimalisir tingkat kegagalanya. Sebab komoditi dengan keuntungan besar, tentunya juga akan memiliki resiko yang cukup besar. “Kami akan memerintahkan kepada dinas pertanian untuk mencari resiko terkecil tingkat kegagalanya, sehingga petani tidak merugi, ” lanjut Bupati.

Soal pengairan,  bupati menghimbau kepada masyarakat untuk bersabar karena pada tahun 2020, sekitar 60 persen areal pertanian di Ponorogo akan mendapat suplay aliran air dari waduk bendo. Jika sekarang,  pada musim kemarau masih ditemukan saluran air yang kering,  maka pada tahun 2020    diharapkan sudah terairi semua. “Saya melihat saluran air pada kering,  Insya Allah nanti pada tahun 2020 sudah bisa terairi dari waduk bendo, ” tukas Bupati,  sembari menambahkan pemerintah akan membantu modal usahanya.
Terkait,  kenaikan siltab perangkat,  bupati memastikan di Ponorogo akan di mulai 1 Oktober,  3 bulan sebih cepat dari yang dicanangkan pemerintah pusat.

Sementara itu,  Kepala Desa Maguwan Endang Sunarwiyati mengucapkan terima kasih kepada bupati yang telah memberikan bantuan kepada pemerintah desa  Maguwan sehingga pembangunan di desa tersebut lancar. “Kami berterima kasih kepada Pak Bupati,  atas bantuanya,  untuk infrastruktur seperti jalan, irigasi di desa Maguwan sudah baik. Dan juga atas motifasinya dalam membangun, ” ucapnya.

Selain itu,  potensi ekonomi yang dimiliki oleh Desa Maguwan kerajinan dompet, produktifitas bisa mencapai 3000 perbulan. Yang masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi desa setempat adalah soal tanggul sungai dan pengairan. ” Prioritas kita adalah pembangunan tanggul sungai, dan pengairan,  ini masih menjadi PR, ” pungkas Kades Maguwan Endang Sunarwiyati. (Agus)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below