Ciptakan Budaya Hidup Sehat,Desa Jenangan Gandeng UPT Puskesmas Gelar MMD

Posted by: Reply 229 Views

KJ, Ponorogo – Pemerintah Desa Jenangan,  Kec Jenangan,  Kabupaten Ponorogo, Bekerja sama dengan UPT Puskesmas Kecamatan setempat,  Jum’at (18/10) menggelar Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) guna untuk menjaga  kesehatan di desa yang sudah berstatus siaga itu. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari SMD (Survai Mawas Diri), PHBS yang kemudian di tindak lanjuti dengan MMD.

Kepala UPT Puskesmas Jenangan Drg.  Titik Suprihatin menjelaskan,  kegiatan tersebut dilakukan rutin setiap tahun,  dengan mengangkat 4 permasalahan yang urgen, untuk kemudian dicarikan solusinya. “Kegiatan ini tindak lanjut dari SMD  tindak lanjut dari PKBS pada bulan April lalu, ” terangnya.

Survai dilakukan terhadap 15 persen dari jumlah penduduk. Untuk kemudiaan diakomodir dan sekaligus dicarikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.  Menurut. Drg Titik,  Desa Jenangan  sudah termasuk Desa UDF sehingga tidak ada lagi warga yang BAB disungai maupun ditempat lain (Selain WC,red).”Desa Jenangan ini masuk Desa UDF jadi sudah tidak ada warga yang BAB sembarangan, (Sungai, red),” lanjut Drg Titik.

Terkait dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),Titik berharap agar kartu tersebut selalu di gunakan, tidak hanya untuk berobat tetapi bisa juga digunakan untuk konsultasi kesehatan dan lain-lain. Sebab jika dalam jangka waktu 4 tahun tidak digunakan akan di non aktifkan. “Bagi masyarakat yang mengikuti BPJS Mandiri hendaknya selalu rutin dibayar, sebab jika tidak akan dilakukan penagihan.BPJS mandiri bisa naik kelas 2. Tolong di informasikan ke masyarakat, ” pinta Drg Titik.

Gelar MMD Di Wilayah UPT Kecamatan Jenangan

Sementara itu, Kepala Desa Jenangan Toni Ahmadi mengatakan, soal kesehatan khususnya bagi warga Jenangan  adalah tanggung jawab bersama. Karena itu Pihaknya berharap agar masyarakat saling bekerja sama dan tidak bosan untuk selalu menjaga kesehatan dan saling mengingatkan.”Soal kesehatan adalah tanggung jawab kita semua, sebagai kader sampun waleh waleh (Jangan bosan-bosan,red) untuk menjaga dan mengingatkan dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan, dan membudayakan prilaku hidup sehat, ” himbau Kades Toni Ahmadi

Kades Toni mengajak kepada warganya agar menjaga kesehatan di lingkunganya dan  sekaligus memotifasi terhadap warga lainya untuk membudayakan hidup sehat di Desa Jenangan, hal itu bisa dimulai dari keluarga,  RT. ” Semoga bisa sukses dalam mengikuti MMD dan sukses dalam menjaga kesehatan lingkunganya, ” harap Tani Ahmadi.(Agus)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below