Dana Desa di Desa Menang Mampu Mengurangi Angka Pengangguran

Posted by: Reply 158 Views

KJ, Ponorogo – Dana Desa (DD) yang digelontorkan oleh pemerintah pusat ke desa -desa sangat bermanfaat sekali.Selain mampu merubah infrastruktur desa lebih baik, dana tersebut juga dapat mengurangi pengangguran bagi warga masyarakat desa, tak terkecuali di Desa Menang, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo. Di salah satu desa di bumi reog itu, dana desa mampu menyerap tenaga kerja, karena setiap tahun selalu ada dan divokuskan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan DD ini sangat bagus, karena pembangunan bisa merata, dan yang tak kalah penting dana tersebut sangat evektif untuk mengurangi pengangguran,” ujar Kepala Desa Menang Imam Tamami kepada media ini, kemarin.

Kades Menang Imam Tamami Beserta Istri

Menurut Imam, jika pembangunan desa terus dilaksanakan dengan dana tersebut. Kondisi desa dipastikan akan bertambah bagus dan masyarakat tidak kebingungan untuk mencari pekerjaan.Karena pekerjaan selalu tersedia setiap tahun dan dilaksanakan secara terencana dengan mengutamakan skala prioritas. Hal ini selain dapat tercapainya asas pemerataan, juga mampu menyerap tenaga kerja bagi warga sekitar.Sehingga perekonomian mereka juga bisa meningkat.

“Harapan kami , bisa tambah bagus , masyarakat tidak kebingungan mencari pekerjaan, tidak perlu ke luar daerah untuk mencari pekerjaan, karena di daerahnya sudah cukup,” harap Imam Tamami.

Dijelaskan, jumlah dana desa dan anggaran dana desa di Desa Menang tahun 2019 berjumlah 1,3 Milyar. Dana tersebut sebagian digunakan untuk pembangunan infrastruktur, pembangunan fisik seperti rabat rigid beton,  aspal di Dukuh Pondoan RT , 1,2 dan 3. Drainase di RT 1 dan 2 di Dukuh  Genting serta pembangunan rabat rigid beton, jalan tembus pasar di RT 3. Selain itu , pembangunan jalan, pengaman TPT di Dukuh Genting dan pengerjaan jalan di Dukuh Mondoan,” Semuanya ada 11 titik,” jelas Kades Imam Tamami.

Kedepan, Lanjut Imam, pihaknya masih melanjutkan pembangunan berdasarkan aspirasi di tingkat RT, yang telah di verifikasi oleh tim 11, menurut skala prioritas berdasarkan regulasi pemerintah seperti Perbub, Perda.” Kita masih melanjutkan aspirasi itu, mana yang didahulukan, berdasarkan  verifikasi tim 11, yang terdiri dari Lembaga Masyarakat Desa, Tokoh, dan perangkat,” lanjut Kades.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan pembangunan di desa. Sehingga kondisi desa semakin baik, dan masyarakatnya juga bisa meningkat terutama di bidang ekonomi dan lain lain.” Semoga ke depan bertambah baik,” pungkasnya. (Agus)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below