Dana Desa, Lengkong Bangun Infrastruktur dan Sumberdaya

Posted by: Reply 429 Views

Foto Kades Maryono dan Hasil Pembangunan Desa

 

KJ, Ponorogo – Pelaksanaan pembangunan  fisik maupun non fisik, berupa pemberdayaan di Desa Lengkong Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo,  dari Dana Desa (pusat,red) maupun Anggaran Dana Desa (Daerah,red) serta sumber pendapatan lainya, patut  diacungi jempol. Betapa tidak…?. Selain getol untuk membangun sejumlah infrastruktur di desa tersebut. Kegiatan pemberdayaan masyarakat pun di desa tersebut tak terabaikan. Terbukti, beberapa kegiatan untuk peningkatan sumberdaya manusia dan pemberdayaan, juga tak luput dari perencanaan sesuai intruksi pemerintah.

Kepala Desa Lengkong Maryono mengatakan jika pembangunan yang dibiayai dari dana desa anggaran tahun 2018 dan dilaksanakan pada tahun 2019 ini, cukup banyak. Pembangunan yang berupa fisik atau infrastruktur antara lain, pembangunan atau kegiatan drainase, di Jalan Sugono RT 02/ RW 01. Kegiatan Rijid jalan RT 02/ RW 02 Dukuh Mranggen dan Sambi, kegiatan Paving Jalan di RT 04/02 Dukuh Sawahan dan pengaspalan jalan di RT O1/RW O1 Kidul Kali dan Sambi. Selain itu, kegiatan Talud Jalan di RT 04/ RW 02 Sawahan dan RT 02 / RW 02 Sambi serta pembangunan gedung serba guna.

Sedangkan kegiatan dibidang pemberdayaan antara lain, kegiatan pelatihan dan lembaga desa, kegiatan posyandu balita,lansia dan posbindu, serta pelatihan pertanian dan industri kecil. Selain itu juga pelatihan sistem informasi desa (SID) dan kegiatan Bumdes.^Anggaran tersebut kami gunakan untuk membangun desa, baik untuk membangun infrastruktur maupun  pelatihan dan pemberdayaan masyarakat,” terang Kades Maryono didampingi Bendahara Desa Munawar, Kamis (12/12) di kantor desa setempat.

Pihaknya menerapkan sistem pemerataan pembangunan di tiap tiap dukuh secara bertahap.Sehingga warga masyarakat suka rela mendukung dan memberikan swadaya sesuai kemampuan mereka masing- masing. Dengan adanya semangat gotong royong itulah yang membuat pembangunan di Desa Lengkong berjalan lancar.”Kami menerapkan sistem pemerataan, semua pedukuhan secara bergilir, kita alokasikan untuk dibangun semua,” lanjut Maryono yang telah menjabat dua periode itu.

Terkait dengan pengisian perangkat guna peningkatan pelayanan masyarakat, di Desa Lengkong telah berjalan dengan lancar sesuai dengan mekanisme dan regulasi  yang ditentukan oleh aturan pemerintah.

Jabatan tersebut antara lain Sekdes, Kamituwo kidul kali dan Sawahan, Kasi Pelayanan dan Kasi Kesejahteraan.” Pengisian jabatan sudah terlaksana, semua berjalan dengan lancar, jujur menurut peraturan yang ada,” tegas Ketua  Panitia Rekrutmen Perangkat Desa Lengkong Drs Sumani di dampingi Wakil Ketua Jematun.(Agus Z)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below