DD Kranggan Mampu Tingkatkan Ekonomi dan Pemberdayaan

Posted by: Reply 509 Views

KJ, Ponorogo – Dana Desa (DD) yang digelontorkan oleh pemerintah pusat ke desa-desa, nampaknya sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat luas. Selain dapat meningkatkan pelayanan kepada warga  masyarakat, sebab fasilitasnya terpenuhi. Dana tersebut juga dapat meningkatkan pemberdayaan dan peningkatan ekonomi. Hal ini tentunya jika dialokasikan dengan baik seperti yang di jumpai di Desa Kranggan, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo.

Desa Kranggan, jika dilihat dari segi infrastruktur terutama jalan dan fasilitas pelayanan lain, seperti Gedung Bumdes dan Gedung pelayanan lainya. Salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sukorejo ini tergolong baik, dalam melaksanakan pembangunan di desa tersebut.
Kepala Desa Kranggan Khoiru Rozikin menjelaskan jika dana desa tahun 2019 ini di alokasikan untuk membangun talud 1 titik, 2 sumur dalam, 1 pintu air dan pembangunan untuk persiapan bangunan pasar desa.Hal itu dinilai dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Alasanya, dengan adanya pasar desa maka perekonomian masyarakat akan berjalan dengan lancar. ” Ini jelas akan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya Kranggan,” jelas Kades kepada media ini Kamis (5/12)

Soal sumur dalam, lanjut Dia, karena saat memasuki musim  kemarau panjang, wilayah desa Kranggan mengalami kesulitan air bersih sebab  sumber air bersih seperti sumur akan mengalamk  kekeringan dan rusak. Akibatnya warga kesulitan untuk memperoleh air bersih.” Dengan dibangunya sumur dalam akan sangat membantu warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih,” lanjut Khairu Rozikin.

Kades berharap, fasilitas yang tengah dibangun oleh pemerintah hendaknya dapat dimanfaatkan  dengan baik. Selain itu juga, hendaknya masyarakat juga mampu menjaga fasilitas tersebut bersama-sama, dengan sebaik-baiknya sehingga dapat bermanfaat secara terus menerus.”Kami berharap dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik, karena ini peluang yang baik, dengan adanya bantuan pemerintah itu,” harap Kades Khoiru Rozikin.

Sekedar di ketahui, pemerintah pusat sejak tahun 2016 lalu tengah mengalokasikan dana desa untuk membangun infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.Pemerintah pusat dapat mengetahui penggunaan alokasi dana tersebut selain melalui jalur kedinasan dengan cara laporan pertanggungjawapan atau LPJ.Juga melalui berita-berita  online yang disampaikan secara akurat. Karena di era digitalisasi seperti sekarang ini, informasi akan sangat cepat dan akurat bila disampaikan melalui online. Sehingga pihak kementrian yang terkait akan sangat terbantu mengetahui anggaran yang dialokasikan ke desa desa di seluruh Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Ponorogo. (Agus)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below