Forum Gabungan Perangkat Daerah Selaraskan Program Guna Menyusun RKPD Kabupaten Jombang 2021

Posted by: Reply 460 Views

KJ, Jombang – HUMPRO. Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Jombang Jawa Timur tahun 2021. Sebagai bagian dari rangkaian dan proses penyusunan rencana pembangunan daerah serta untuk menindaklanjuti proses dan tahapan yang telah dilaksanakan sebelumnya, yaitu proses Musrenbang di tingkat Desa maupun kecamatan maupun Forum Perangkat Daerah.

Forum Gabungan Perangkat Daerah tahun 2020, dihadiri oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, Sekretaris Daerah, Kepala Bappeda, Forkopimda, kelompok sektoral/ stakeholder perangkat Desa, delegasi kecamatan, LSM, organisasi kemasyarakatan, perguruan tinggi, unsur Pers dan media massa, bertempat di gedung Bung Tomo Pemkab Jombang, Kamis (12/3/2020).

Kepala Bappeda Kabupaten Jombang dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Forum ini merupakan salah satu rangkaian dari proses dan tahapan dalam penyusunan rencana pembangunan daerah tahun 2021. Sebagai bagian dari rangkaian dan proses penyusunan rencana pembangunan daerah, menindaklanjuti proses dan tahapan yang telah dilaksanakan sebelumnya, yaitu proses Musrenbang di tingkat Desa maupun Kecamatan maupun Forum Perangkat Daerah. Pembangunan ini akan diselaraskan guna mempertajam indikator-indikator program, kesepakatan permasalahan-permasalahan strategis, rencana susunan progam berdasarkan dana APB Desa,” kata drg. Budi Nugroho, MKP.

“Tema Pembangunan Daerah Kabupaten Jombang Tahun 2021 yang merupakan tahun ketiga dalam RPJMD adalah Peningkatan Kualitas Infrastruktur Dasar, Infrastruktur Sosial Dan Infrastruktur Ekonomi Untuk Mendukung Daya Saing Berbasis Produk Unggulan Daerah. Sedangkan Prioritas Pembangunan Kabupaten Jombang Tahun 2021 Antara Lain: Mewujudkan Pemerintahan Yang Profesional Dan Pelayanan Publik Yang Berkualitas Melalui Digitalisasi Proses Layanan:

“Adapun Kegiatan Utama Dalam Prioritas Pertama ini pada Tahun 2021 Antara Lain: Layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan  Layanan Publik Berbasis Elektronik, Smart City, Digitalisasi Layanan Desa Maupun Kecamatan, Pembangunan Mall Pelayanan Publik Dan Gedung Pemkab Terpadu, Serta Bupati Layani Warga (Bulaga).

“Meningkatkan SDM Yang Berkarakter Dan Berdaya Saing Melalui Optimalisasi Pemanfaatan Kekuatan Agama, Budaya Dan Modal Sosial Kemasyarakatan; Kegiatan Yang Menjadi Major Project pada Prioritas kedua ini  tahun 2021 antara lain:

“Pembangunan Gedung Kesenian Jombang, Pemberian Kain Seragam Sekolah Bagi SD/SMP Sederajat baik negeri maupun swasta, Rehabilitasi Sarana Dan Prasarana Sekolah, serta Fasilitasi Hari Jadi Jombang yang ditetapkan tanggal 21 Oktober dan Hari Santri, Pemberian Tenda-Tenda untuk Pengajian, Fasilitasi Bagi Posyandu/Posbindu Terpadu, Pemberian Makanan Tambahan Bagi Ibu Hamil Kurang Energi Kronik (KEK) /Balita Gizi Kurang serta Pembangunan Keluarga.

“Memperkuat Infrastruktur untuk mendukung Pengembangan Ekonomi, Pelayanan Dasar, Lingkungan Hidup dan Ketahanan Bencana: Major Project yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 untuk Mendukung Prioritas Ketiga antara lain: Penetapan Produk Unggulan Daerah Dan Kawasan Unggulan Berbasis Pariwisata: Penataan Pasar Citra Niaga Dan Revitalisasi Pasar Tembelang; Penataan Kawasan Alun-Alun:

“Pelebaran dan Pembangunan Jalan Menuju Pusat Ekonomi: Pengembangan Kawasan Industri: Pengendalian OPT Pertanian Dan Peningkatan Daya Dukung Lahan Melalui Pemberian Pupuk Organik: Santri Tani Milenial, Open Defecation Free (ODF) 2021, Jombang Peduli Sampah dan Super (Sumur Penampung dan Resapan): Konservasi Kawasan Sumber Mata Air Serta Normalisasi Sungai dan Pembangunan Embung.

“Penanganan Kemiskinan Secara Terpadu, Disabilitas Dan Pengarusutamaan Gender. Pengembangan Pengembangan Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI): Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS): Layanan Administrasi Kependudukan Khusus Difabel: Ibu Hamil, Menyusui Dan Keluarga Miskin: Belanja Operasional Pemakaman Warga Jombang; Bantuan Sarana Usaha Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP): Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Serta Kesetaraan Gender, ujar Kepala Bappeda.

Sementara itu, Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab berpesan kepada seluruh anggota Forum Gabungan Perangkat Daerah untuk sumbang pikiran dan tenaga guna menghasilkan kinerja yang baik dan nantinya bisa mewujudkan kinerja yang baik dan bisa mewujudkan pembangunan daerah sesuai dengan pendekatan dalam proses perencanaan pembangunan daerah.

“Dalam forum ini perlu dibangun komunikasi lintas sektor, lintas urusan dan lintas kewilayahan, karena keberhasilan pembangunan tentunya tidak lepas dari dukungan stakeholders dan seluruh elemen masyarakat.

“Saya berharap partisipasi segenap stakeholders yang hadir, untuk memberikan sumbang saran dan pemikiran dalam sidang pembahasan di Forum Gabungan Perangkat Daerah serta bagaimana membangun sinergitas maupun berbagi peran antara pemerintah kabupaten dengan segenap organisasi dan stakeholders yang ada dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, tuturnya.

“Besar harapan saya bahwa dalam Forum Gabungan Perangkat Daerah ini dapat menghasilkan perencanaan pembangunan yang lebih baik untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Jombang,”pungkas Bupati Hj. Mundjidah Wahab (Wati_Humpro)

Pewarta Kabarjagad Agus Situju Haerah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below