Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-57, Sinergitas Lapas Jombang, Polres dan BNN Lakukan Penggeledahan

Posted by: Reply 460 Views

Foto: Kalapas Jombang (tengah) samping kanan Kepala BNN Mojokerto, samping kiri Kasat Reskrim Polres Jombang.

KJ, Jombang – Sinergitas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Jombang, Polres Jombang dan BNN Mojokerto Jawa Timur, melakukan penggeledahan di Blok Napi, Blok Tahanan, Blok Orientasi dan Blok Wanita.

Sebelum melakukan penggeledahan, Kalapas memberi briefing petugas yang intinya mengutamakan kondusifitas Lapas. Bahkan warga binaan tetap nyaman dalam penggeledahan dengan tetap menjaga norma kesopanan, pintah Kalapas.

Sinergitas tim gabungan ini, untuk memastikan 985 warga binaan bersih dari barang terlarang, baik narkoba, handphone maupun kamar mewah dan barang berbahaya lainnya.

Hal itu diungkapkan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Jombang, Mahendra Sulaksana ketika menggelar jumpa pers pada Selasa, (6/4/2021) sekitar pukul 22.30 WIB.

Dijelaskan Kalapas, penggeledahan dilakukan untuk memantau langsung aktifitas warga binaan di malam hari, sekaligus mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama.

Pihaknya juga secara rutin melakukan penggeledahan blok hunian, minimal sekali sepekan. Namun dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57, penggeledahan digelar secara serentak.

Menjawab pertanyaan wartawan hasil penggeledahan, Mahendra mengatakan, kegiatan berjalan lancar, barang yang ditemukan sendok, korek api, gelas, ikat pinggang, bekas minuman kaleng dan lem.

Kami berharap, Pemasyarakatan semakin maju. Yang pasti sesuai arahan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, kunci Pemasyarakatan Maju…. Deteksi dini…. Berantas Narkoba…. Sinergi dengan Aparat Penegak Hukum, pungkasnya.

Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho melalui Kasat Reskrim, AKP Teguh Setiawan menuturkan, untuk membantu terlaksananya pengamanan kegiatan pemeriksaan, pihaknya menerjunkan 35 personil gabungan, Reskrim, Narkoba, Sabhara dan Humas. Kami membackup atas permintaan Lapas, tuturnya.

Kasat Reskrim menambahkan, disamping kita wajib bersinergi dengan Instansi terkait, juga harus mendukung supaya Jombang ini lebih kondusif lagi, terlebih di Lembaga pemasyarakatan, kita harus benar-benar membantu menjaga saat dilakukan pemeriksaan, tegas AKP Teguh. (ash).

Sementara Kepala BNN Mojokerto Jawa Timur, AKBP Suharsi, menerjunkan 13 personil. Sinergitas ini untuk memastikan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kabupaten Jombang bersih dari barang terlarang narkoba maupun obat-obatan terlarang lainnya.

Kami tidak menemukan narkoba, cuma kami tadi sempat berbincang-bincang dengan tersangka terkait kasus narkotika perempuan. “Jadi mereka kalau menurut saya, sesekali mungkin dari BNN kota Mojokerto akan mengadakan kunjungan ke Lapas sini”, tandas Suharsi. (ash).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below