Kakak Angkatan Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Djamaluddin Berkunjung Ke Polres Jombang

Posted by: Reply 393 Views

KJ, Jombang – Kombespol (Purn) Burhanuddin: Tugas Pokok Babinkamtibmas adalah Deteksi Dini Dan Problem Surfing.  Polmas atau pemolisian masyarakat (Community Policing) merupakan suatu kegiatan Kepolisian untuk mengajak masyarakat melalui kemitraan anggota Polri dan masyarakat, untuk mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan serta menemukan pemecahan masalahnya.

Dalam kunjungannya keliling wilayah Polda Jawa Timur, Kombespol (Purn) Burhanuddin yang juga mantan Dir Binmas Polda Sulsel diterima oleh Wakapolres Jombang Kompol Budi Setiyono, S.I.K., M.H, Kabag OPS Kompol Syamsul Ma’arip, Kasat Intel AKP Eko Prijanto, S.I.K, Kasat Lantas AKP Rizky Fardian Caropeboka, S.I.K, Kapolsek Jombang AKP Wilono, S.H, KBO Binmas IPDA Zaenal, Selasa (14/1/2020).

Burhanuddin didampingi Zaenal diruang media Center Polres Jombang memberikan pengarahan kepada anggota Babinkamtibmas yang bertugas di desa – desa se Kabupaten Jombang. Dalam pemaparannya Burhanuddin menjelaskan tentang tugas pokok Bhabinkamtibmas.

“Satuan Binmas itu mempunyai tugas menjalankan dan melaksanakan pembinaan Masyarakat yang meliputi kegiatan dalam penyuluhan masyarakat, pemberdayaan perpolisian masyarakat (Polmas), melaksanakan pengawasan masyarakat, melaksanakan koordinasi keamanan masyarakat dalam bentuk pamswakarsa, perpolisian khusus (polsus), serta menjalin kerjasama dengan masyarakat, lembaga baik negeri maupun swasta, instansi negeri ataupun swasta serta menjalin silaturahmi dengan Tokoh masyarakat guna meningkatkan kesadaran dan ketaatan Masyarakat agar sadar hukum dan peraturan perundang-undangan.

Kepada media Burhanuddin mengatakan, tugas pokok Bhabinkamtibmas itu ada 2, yaitu, Deteksi dini di masyarakat dan Problem Surfing kalau dijabarkan menjadi pembinaan dan pengembangan masyarakat dalam pembinaan keamanan, ketertiban, kerjasama, silaturahmi dengan masyarakat sekitar, pembinaan dalam pamswakarsa, pembinaan dilaksanakan terhadap komponen masyarakat, pembinaan itu meliputi teknis pengkoordinasian di masyarakat dan pemberdayaan kegiatan dalam masyarakat yaitu polmas, kata mantan Kapolres Selayar Sulawesi Selatan itu.

Masih. Penekanan yang saya jabarkan adalah fokus pada tugas pokok Babinkamtibmas yang tiap hari berhadapan dengan Masyarakat di wilayah kerjanya. Karena dari Babinkamtibmas inilah citra Polri terlihat baik atau buruk. Artinya dalam menyelesaikan masalah di lingkungan kerjanya tidak harus diselesaikan dengan pidana, contoh ada 2 warga berebut air untuk mengairi sawahnya maka Babinkamtibmas harus bisa mencari solusi terbaik agar masalah berebut air ini selesai dengan damai, karena kalau dibiarkan 2 orang tersebut bisa berkelahi yang berakibat berurusan dengan hukum pidana. Nah disinilah peran Babinkamtibmas harus bisa mencegah dan mendamaikan permasalahan yang terjadi di wilayah kerjanya,” pungkas kakak angkatan Wakpolda Jatim Brigjen Pol Djamaluddin.

Pewarta Kabarjagad Agus Situju Haerah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below