Kapolres Jombang Rutin Melakukan Pengecekan Debit Air

Posted by: Reply 277 Views

KJ, Jombang – Konferensi pers bersama instansi terkait dalam rangka kesiapsiagaan kewilayahan dalam menangani bencana alam di Jombang. Jumpa pers bersama Kapolres Jombang AKBP Boby Pa’ludin Tambunan, S.I.K., M.H, bertempat di RTH (Ruang Terbuka Hijau) Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang Jawa Timur, Minggu (5/1/2020) siang.

Kapolres Jombang dalam jumpa pers nya mengatakan, Hari ini kita melaksanakan kembali pengecekan kesiapan dari 78 personil yang terdiri dari TNI-Polri, BPBD, Dinas Sosial, Tagana dan Relawan yang kita siagakan dalam rangka mengantisipasi siaga bencana. Tehnisnyapun kita akan atur secara bergiliran, nanti kita buatkan anggota yang siaga untuk mengantisipasi tempat terjadinya banjir sehingga pertolongan yang kita berikan kepada masyarakat dapat lebih cepat dilaksanakan dan dapat meminimalisir adanya kerugian-kerugian dan korban-korban yang tidak kita inginkan.

“Menurut informasi dari BMKG bahwa curah hujan beberapa hari ke depan akan diprediksi puncaknya di bulan Pebruari ini akan terus berpotensi hujan di Jombang. Selain itu kita juga rutin melakukan pengecekan terhadap debit air atau bentuk early warning di beberapa aliran-aliran sungai. Sehingga apabila bencana banjir terjadi, kita dapat menemukan korban yang lebih banyak dari kejadian-kejadian. Ada beberapa wilayah yang sudah kita monitor dari kejadian-kejadian sebelumnya yang ada di Kabupaten Jombang, di antaranya, Kecamatan Mojoagung, Bareng, Mojowarno dan Kecamatan Sumobito.

Seperti Kecamatan Mojoagung ini yang kita antisipasi karena banjir biasanya dipicu dengan meluapnya Sungai Kaligunting akibat debit air setelah hujan deras, lebih-lebih daerah hulu sungai juga diguyur hujan. Sungai Kaligunting ini dialiri dari tiga aliran sungai besar, yakni dari wilayah hulu Sungai Kandangan Kediri, Wonosalam, dan Mojokerto. Kita berharap kepada semua personil untuk selalu siap siaga. Baik sarana prasarana sumber manusia nya maupun cara bertindaknya secara apa dilapangan, supaya tidak menjadi kendala,” pungkas Kapolres

Pewarta Kabarjagad Agus Situju Haerah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below