Launching Kampung Tangguh Desa Karang Dagangan Bandarkedungmulyo

Posted by: Reply 281 Views

KJ, Jombang – Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, Dandim 0814 Letkol Inf Triyono, S.E., dan Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho., S.I.K., bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang meresmikan dan melihat dari dekat bagaimana dan seperti apa Kampung Tangguh di desa Karangdagangan, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Senin (29/6/2020).

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kesadarannya menjadikan warga desanya juga perangkatnya tangguh dalam melakukan pencegahan dan penyerahan virus Covid-19. ” Insya Allah manfaatnya akan sangat luar biasa bagi masyarakat dengan adanya desa tangguh”, ujar Bupati Jombang.

Bupati yang juga sebagai Pimpinan Cabang Muslimat NU juga Ranting Kabupaten Jombang menyampaikan ucapan terimakasih Kepala Desa Tambit yang telah memberikan bantuan 4 mobil Elf untuk dimanfaatkan bagi masyarakatnya dalam kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial.

Disinggung juga oleh Bupati Jombang bahwa dengan dimulainya tempat ibadah Mesjid/Mushallah untuk berjamaah, tapi tetap waspada dengan tetap disiplin harus melaksanakan protokol kesehatan. Pintu dibuka satu pintu untuk mengecek suhu, pakai masker dan jaga jaraknya. Harus ada tempat cuci tangan pakai sabun. ‘”Semuanya untuk menyongsong normal baru ini telah diatur dalam Perbup untuk pelaksanaannya.

Ditambahkan Bupati bahwa bagi warga masyarakat Jombang yang putra-putrinya akan mondok keluar kota, ini dapat menjalani Rapid tes gratis di Puskesmas dengan melaporkan ke Kepala Desa. Sedangkan kepada Ibu Ibu Muslimat dilarang dahulu oleh Bupati untuk melaksanakan Yasinan. Kalaupun jika terpaksa dilaksanakan batasi jumlah pesertanya dengan tetap menjaga jarak sesuai protokol kesehatan.

Ditempat yang sama, Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho, S.I.K mengapresiasi positif semangat juga kesadaran masyarakat Desa Karangdagangan untuk menjadi Kampung Tangguh. Kampung yang tangguh dari sisi kesehatan juga sisi ekonominya. “Kesehatan juga ekonomi harus tetap seimbang ditengah pandemi Covid-19 ini, semoga semuanya diberikan kesehatan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” tandasnya.

Dandim 0814 Letkol Inf Triyono, S.E., mengajak masyarakat Desa Karangdagangan untuk mewujudkan Kampung yang benar-benar tangguh. Artinya bagaimana keinginan agar dibentuknya Kampung Tangguh ini dapat mencegah dan membatasi penyebaran virus Covid-19 benar-benar dipahami seluruh masyarakat. ” Jadi pesan saya tetap laksanakan protokol kesehatan dengan cara disiplin pakai masker untuk mencegah cipratan droplet, memaksimalkan untuk cuci tangan saat dari manapun, dan jaga jarak dengan penuh kesadaran,” ucapnya

Sementara itu, Kepala Desa Karangdagangan Kecamatan Bandar Kedungmulyo, bapak Tambit  dalam sambutannya memaparkan latar belakang dan tujuan pembentukan Kampung Tangguh di desanya adalah dalam rangka mencegah dan membatasi penyebaran virus Covid-19. Untuk itu wilayahnya bersama sama seluruh masyarakat 3 Pilar telah membentuk Posko Terpadu, Ruang Isolasi, Lumbung Pangan, Dapur Umum, menggerakkan perekonomian UMKM yang ada. Dan untuk melaksanakan protokol Kesehatan setiap rumah menyiapkan tempat cuci tangan.

Desa Karangdagangan yang memiliki luas 3300 Ha dan jumlah penduduk 4157 jiwa ini juga mengaktifkan Jimpitan warga. Juga untuk membantu warga yang tidak mampu.

Dalam acara tersebut juga diserahkan bantuan 4 mobil Elf dari Kepala Desa untuk 4 Takmir Mesjid yang disaksikan oleh Bupati beserta Forkompinda. Bupati juga meresmikan Mushallah Nurul Hikmah diakhir acara.

Pewarta Kabarjagad Agus Situju Haerah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below