Literasi Program Unggulan SMP Negeri 3 Peterongan Kabupaten Jombang

Posted by: Reply 357 Views

KJ, Jombang – Gerakan Literasi SMP Negeri 3 Peterongan Kabupaten Jombang punya program Literasi dengan kemampuan membuat tulisan. Dengan percaya diri, modal yang cukup dalam menulis, dan tulisan akan disampaikan ke Pusat guna program unggulan SMP Negeri 3 Peterongan Kabupaten Jombang Jawa Timur.

Sebagaimana sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Agus Purnomo, S.H. Berkaitan dengan kegiatan Literasi ini yang merupakan suatu kwalitas atau kemampuan melek/huruf aksara yang didalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Sebenarnya juga Pemerintah Kabupaten Jombang dalam hal ini Bupati. Hj. Mundjidah Wahab, telah menetapkan sebuah Peraturan dengan Nomor 16 tahun 2017 tentang gerakan menulis untuk Indonesia di Kabupaten Jombang. Ternyata satu-satunya yang baru melaksanakan gerakan menulis ini, dan pertama kali setelah saya ikuti, mulai dari Dinas Perpustakaan, baru kali ini dilaksanakan oleh SMP Negeri 3 Peterongan Kabupaten Jombang.

Jadi memang sangat luar biasa SMP Negeri 3 Peterongan ini. Saya teringat pesan dari ahli penyakit dalam. Ilmu tidak hilang, Ilmu itu akan musnah kalau tidak dituliskan dalam bentuk tulisan. Ide seperti ini bisa disampaikan ke sekolah-sekolah lainnya sebagai bentuk atau model menulis dalam merangkai tata bahasa yang benar.

“Maka dari itu, marilah kita bersama-sama dengan bergandengan tangan bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang demi menciptakan generasi yang handal, anak-anak yang pandai, anak-anak yang nantinya bisa membawa bangsa ini ke depan. Saya juga mohon kepada semuanya untuk memberikan masukan, saran dan pendapat kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dengan harapan tentunya kita akan berikan yang terbaik demi Jombang yang berkarakter dan berdaya saing.” ucap Agus Purnomo, S.H. Rabu (3/11/2019).

Gerakan menulis untuk Indonesia dari yayasan gerakan menulis indonesia menyampaikan, gerakan sekolah menulis buku di tahun 2019 sudah mencapai tingkat Nasional. Bukti nyata dari para guru dalam memberi materi menulis.

Finalis menulis di SMP Negeri Peterongan 3 yang pertama dengan kategori Cerpen (Cerita Pendek), Atas nama Syeh Panjalu Widodo, Rian Nova Wibowo, dan Risky Aldiansyalh.

Pewarta Kabarjagad Agus Situju Haerah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below