Peduli Kesehatan Warganya, Desa Patik Aktif Antar Jemput Lansia ke Posyandu

Posted by: Reply 501 Views

KJ, Ponorogo – Kebijakan Pemerintah Desa Patik Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, dalam hal kepedulianya terhadap kesehatan warganya ( utamanya Lansia dan  Balita) sangat luar biasa. Dan patut diacungi jempol. Betapa tidak.. ?.

Setiap kegiatan posyandu, pihak pemerintah desa  aktif melakukan antar jemput dengan mobil siaga kepada para lansia ke rumah – rumahnya agar mereka mudah  mendatangi Posyandu untuk memeriksakan atau mengontrol kesehatanya secara rutin.

Dengan di pandu oleh istri Kades Patik Endah Cahyaningrum, satu persatu para lansia itu  dijemput ke rumah-rumah mereka dan diantarkan ke tempat kegiatan posyandu, setelah selesai mereka diantarkan pulang kembali.

Ide dan kreatifitas istri kades  ini nampaknya sukses, terbukti hampir 100 persen  lansia dan balita berbondong- bondong  datang ke posyandu mereka sadar akan perlunya menjaga kesehatan, termasuk kesehatan balita.

Dari pantauan media ini Senin 3 Februari 2020 pagi, jumlah lansia dan balita yang hadir di salah satu titik posyandu desa tersebut mencapai sekitar ratusan.

Ketua Penggerak PKK Desa Patik Endah Cahyaningrum mengatakan, pihaknya telah melakukan inovasi (antar jemput lansia) sejak enam bulan lalu. Setiap kegiatan melakukan penjemputan secara rutin ke rumah rumah lansia. Di Desa Patik terdiri dari 4 pedukuhan yakni Dukuh Krajan, Jangglengan, Tunjungan Wetan dan Tunjungan Kulon.” Untuk hari ini kita melakukan penjemputan di daerah dukuh Krajan, ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat,” kata Endah Cahyaningrum.

Selain itu, penjemputan dilakukan untuk memudahkan mereka datang ke posyandu. Sebab usia mereka sudah lanjut sehingga ada yang tidak mampu atau kesulitan untuk mendatangi posyandu. Karena, pihaknya menfasitasi dengan menyediakan mobil antar jemput agar mereka mudah untuk memeriksakan kesehatanya ke posyandu.

” Karena usia mereka sudah tua, kadang keluhanya linu linu, atau tidak ada yang mengantar.Oleh karena kami fasilitasi antar jemput biar mereka mudah datang ke posyandu untuk mengontrol kesehatanya,” lanjut istri Kades Patik ini.

Endah menambahkan, inovasi Desa dibidang kesehatan bernama LASEGAR (Lansia Sehat dan Bugar) sedangkan untuk balita BALSEMLANG (Balita Sehat Semangat dan Cemerlang).

Pihaknya siap menfasilitasi agar inovasi tersebut dapat tercapai dengan baik, termasuk menumbuhkan  kreatifitas anak dengan memberikan mainan bola, balon dan lain-lain.

” Kami akan selalu siap membantu masyarakat, inovasi ini barangkali hanya dilakukan oleh Patik, harapan kami bisa membantu mewujudkan kesehatan masyarakat, utamanya di Desa Patik,” pungkas istri kades muda ini yang diamini oleh Mahfur, warga yang aktif membantu antar jemput lansia.

Sebelumnya Kepala Desa Patik Nur Kolisin Ifani S, Kom mengatakan, pihaknya merasa senang bisa membantu menfasilitasi para lansia untuk datang ke posyandu. Dengan adanya inovasi tersebut, yang semula hanya sekitar 15 sampai 20 orang yang hadir, kini bisa mencapai 80 orang lebih disetiap titik kegiatan posyandu.” Alhamdulillah Desa Patik bisa menfasilitasi, sehingga masyarakat yang jauh dan tidak ada yang mengantar bisa kami antarkan ke posyandu,” ucap Kades.

Pihaknya berharap, kedepan bisa menambah armada lagi untuk malakukan antar jemput lansia. Sehingga kegiatan tersebut lebih semarak dan lebih mudah menjangkau seluruh warga yang ada di Patik, utamanya para lansia.” Saya ingin mempunyai mobil jemputan satu lagi, paling tidak Gran Max,” harap Kades Patik Nur Kolisin Ifani S,Kom mengakhiri wawancara. (Agus Zahid)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below