Penyuntikan Vaksin Astra Zeneca di Desa Pagerwojo Perak

Posted by: Reply 137 Views

Foto: Kepala Puskesmas Perak didampingi Kades Pagerwojo melakukan sosialisasi sebelum vaksinasi.

KJ, Jombang – Puskemas Perak Kabupaten Jombang melaksanakan Vaksinasi Covid-19 untuk warga Desa Pagerwojo. Vaksin Astra Zeneca ini diperuntukkan bagi warga lansia usia 58 tahun keatas, yang dipusatkan di Posko Balai Desa Pagerwojo, Selasa (6/4/2021).

Dalam sosialisasinya, Kepala Puskesmas Perak, dokter Oisatin menuturkan, Vaksin Astra Zeneca yang digunakan ini, sudah sesuai standar keamanan dan telah melewati uji klinik yang ketat. Yang pasti pemerintah sudah menjamin keamanannya, kata Oisatin.

Menurutnya, alur pelayanan vaksinasi Astra Zeneca terdiri 4 meja. Meja 1 pendaftaran dan verifikasi calon penerima vaksin dengan menunjukkan e-tiket dan bukti identitas lainnya untuk dilakukan verifikasi. Jika identitas sudah terverifikasi, calon penerima vaksin melanjutkan ke meja 2.

Meja 2 format skrining, petugas kesehatan melakukan anammesa dan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi penyakit penyerta (komorbid), jika calon penerima vaksin sehat, maka vaksinasi dapat dilakukan.

Meja 3, calon penerima vaksin diberikan vaksin Covid-19 secara aman.

Kemudian meja 4 pencatatan dan observasi, petugas mencatat hasil pelayanan vaksinasi penerima vaksin observasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan KIPI, penerima vaksin memperoleh kartu verifikasi.

Dikatakan dokter Oisatin, Vaksinasi ini penting untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga. Namun jangan lupa tetap pakai masker, jaga jarak, dan selalu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir agar terhindar dari Covid-19, jelasnya.

Terpisah, Kepala Desa Pagerwojo, Fathur Rozi, mengatakan kalau undangan yang disebar sebanyak 200 lembar untuk lansia. Kalau masih lebih, atau ada kekurangan kita tambah lagi dari tokoh agama, tokoh masyarakat, RT, RW, Linmas termasuk Banser.

Terkait adanya warga yang ikut divaksin, namun tidak mendapatkan undangan, Kades Pagerwojo mengaku kalau dirinya sengaja membuat status dan telah dilihat 380. “Monggo besok hari Selasa jam 08.00 WIB itu ada vaksin di Desa Pagerwojo. Vaksin ini untuk menjaga kesehatan, menjaga diri dan keluarga.

Kades Fathur berharap, mudah-mudahan warga masyarakat semua sehat, dijauhkan dari covid 19. Dan bagi yang ingin disuntik vaksin, bisa langsung ke Puskesmas Perak dengan mengisi formulir, membawa KTP sama nomor handphone, ucap Fathur.

Pak Mashudi, warga Dusun Pagerwojo yang ikut divaksin namun tidak mendapatkan mengungkapkan bahwa, kedatangannya ke kantor desa karena melihat status bapak kepala desa. Tadi saya sudah disuntik, tidak ada rasanya, mungkin setelah 30 menit. “Saya mengajak semuanya supaya mau divaksin biar sehat, ringkasnya. (ash).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below