Polres Jombang Sidak Sejumlah Lapak Pedagang Di Pasar Legi

Posted by: Reply 310 Views

KJ, Jombang — Wakapolres Jombang  Kompol Budi Setiyono, S.I.K.,M.H pimpin  Inspeksi Mendadak ( Sidak) di pasar Legi Kabupaten Jombang. Tim gabungan Satgas Pangan dari Polres Jombang dan beberapa unsur lain menemukan kenaikan harga cukup signifikan pada sejumlah kebutuhan bahan pokok, Jum’at (20/12/2019) pagi

Harga yang melonjak cukup menonjol terutama telur ayam. Komoditas itu naik signifikan hingga Rp 9 ribu per kilogram selama dua minggu terakhir. Hal ini diketahui saat Tim menggelar Inspeksi Mendadak ke sejumlah pasar tradisional dan beberapa pasar modern yang ada di Kabupaten Jombang. Sidak ini untuk mengantisipasi kelangkaan maupun kelonjakan harga sejumlah kebutuhan bahan pokok yang tak wajar dan melebihi kententuan selama masa Natal 2019 dan Tahun baru 2020.

Wakapolres Jombang Kompol Budi Setiyono dan Tim Satgas menyisir sejumlah lapak pedagang di Pasar Legi, mulai dari penjual daging ayam, daging sapi, sayur mayur hingga toko klontong yang menjual kebutuhan pokok seperti beras, minyak dan gula. Saat menemui satu per satu pedagang, petugas menemukan sejumlah harga yang mengalami kenaikan cukup signifikan. Hanya saja, kenaikan harga ini masih dalam batas kewajaran harga pada umumnya.

“Tim menemukan ada beberapa kebutuhan Sembako yang naik, mulai dari telur yang sekarang mencapai Rp 26 ribu per kilogram, bawang merah naik Rp 4-5 ribu dan cabai, tapi masih wajar, kalaupun melebihi ketentuan tentu kami akan tindak tegas. Walaupun tidak ditemukan kelangkaan ataupun kenaikan yang melebihi ketentuan (HPP), namun upaya ini akan terus kita lakukan hingga awal tahun 2020 ini. Pantauan kami dilapangan aman hingga bulan Maret 2020 mendatang, pungkas Wakapolres Jombang.

Sementara sejumlah pedagang mengatakan, kenaikan harga disebabkan karena tingginya permintaan pelanggan untuk kebutuhan menjelang Natal dan Tahun baru 2020. Namun demikian, hal ini sama sekali tidak mempengaruhi daya beli masyarakat. Dua minggu lalu masih Rp 17 ribu, naik dua ribu, naik seribu sampai sekarang ini Rp 26 ribu, ujar salah seorang pedagang telur.

Pewarta Kabarjagad Agus Situju Haerah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below