Ponorogo Semakin Hebat Bertabur Penghargaan

Posted by: Reply 119 Views

KJ, Ponorogo – Kabupaten Ponorogo di bawah kepemimpinan Bupati Drs H Ipong Muchlisoni, sepertinya semakin hebat dan  “Jegeg”. Pasalnya, selain sejumlah pembangunan  fisik infrastruktur jalan – jalan kabupaten maupun desa telah berhasil dibuat baik, nyaman bagi masyarakat penggunanya.

Kabupaten yang dahulunya, didirikan oleh Raden Batoro Katong ini, kini semakin banyak mendapat penghargaan bak bertabur bunga. Hal itu memang pantas. Sebab Bupati Ipong sangat perhatian terhadap masyarakat Ponorogo,  sehingga sebagian besar masyarakatnya menghendaki agar Pria yang menghabiskan masa kecilnya di Kota Lama Ponorogo ini, bersedia kembali menjabat Bupati Ponorogo kali kedua. Al hasil, mereka pun rela jika nantinya Ayah dari 3 anak ini meninggalkan kursi tahta di Ponorogo dan menaiki tahta Gubernur Jawa Timur jika Allah menghendaki.

Selama 4 tahun menjabat, Ponorogo untuk kesekian kalinya berhasil menyabet berbagai macam penghargaan nasional. Setelah sebelumnya mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan dan penghargaan atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan. Kali ini Pemerintah Kabupaten Ponorogo berhasil menyabet 2 penghargaan sekaligus. Pertama, penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI yang penganugerahanya dilaksanakan di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kemendagri, Jakarta, Selasa (19/11/2019). Berikutnya, penghargaan Award Peduli Ketahanan Pangan Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Jatim Expo Jl. Ahmad Yani Surabaya.

Penghargaan Swasti Saba ini, merupakan kolaborasi dan sinergi antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri untuk memberikan apresiasi terhadap Pemda yang berkomitmen dan berhasil menjadikan Kabupaten/ Kota Sehat Tahun 2019, serta dinilai berhasil dalam penyelenggaraan program Kabupaten/ Kota sehat, terutama dalam menciptakan kondisi Kabupaten/ Kota untuk hidup yang bersih, nyaman, aman dan sehat.

Hadir dalam penganugerahan tersebut, Menteri Dalam Negeri Jendral (purn). Tito Karnavian, Ph.D dan Menteri Kesehatan RI, Mayjend (purn). dr. Terawan Agus Putranto.
Dalam sambutanya, Menteri Kesehatan mengatakan, “Kesehatan adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Oleh karena itu, setiap orang berhak atas kesehatan dan atas lingkungan yang sehat sebagaimana menjadi amanat Undang-Undang Kesehatan. Penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat merupakan kerjasama antara Pemerintah dan masyarakat secara harmonis, integrasi antar sektor untuk memenuhi kepentingan masyarakat dalam upaya promotif dan preventif agar masyarakat tetap sehat dan produktif,”.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menilai, topik kesehatan merupakan isu strategis dan sentral dalam rangka mendukung program prioritas pembangunan nasional yang berkaitan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama dalam menghadapi bonus demografi.

 “Topik kesehatan ini menarik karena visi pertama Bapak Presiden untuk lima tahun ke depan, yaitu kesehatan. Tempat kita bermukim yang sehat dan sejahtera termasuk Pembina yang sehat dan sejahtera adalah di Kabupaten/ Kota tempat kita berada. Oleh karenanya kesehatan merupakan aspek yang penting untuk pembangunan SDM, terutama dalam menghadapi bonus demografi,” ujar Mendagri.

Untuk tahun ini, Kabupaten Ponorogo berhasil mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara, yang langsung diterima oleh Bupati Ponorogo Drs. H. Ipong Muchlissoni, yang merupan penghargaan tertinggi dari 3 tingkatan Swasti Saba, yaitu Swasti Saba Padapa (tahap pemantapan), Swasti Saba Wiwerda (tahap pembinaan), dan tertinggi Swasti Saba Wistara (pengembangan), setelah pada tahun 2017 kemarin, Kabupaten Ponorogo berhasil menyabet Swasti Saba Wiwerda.

Bupati Ipong Muchlissoni menyatakan rasa syukur, bahwa pada tahun ini ponorogo mendapatkan banyak prestasi, salah satunya yang diterima pada hari ini, yaitu Swasti Saba Wistara, sebagai prestasi tertinggi penghargaan ini, dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan pelaksanaan Kabupaten Sehat Tahun 2019. Kedepan, pemerintah daerah berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat, dan berharap dukungan seluruh komponen masyarakat dalam menciptakan Kabupaten Sehat di ponorogo.

Sesuai dengan UU Nomor 36 Tahun 2019 tentang Kesehatan, yang mengamanatkan bahwa pembangunan kesehatan ditujukan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Terkait dengan program Kabupaten/ Kota sehat, Pemerintah Daerah Kab. Ponorogo memfasilitasi kegiatan yang menjadi pilihan masyarakat, termasuk penggalian sumber daya manusia yang diperlukan.

Disisi lain, pada hari ini juga, Pemerintah Kabupaten ponorogo juga mendapatkan penghargaan Award Peduli Ketahanan Pangan Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan hari pangan sedunia ke-39 Tahun 2019. Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang memberikan penghargaan kepada Kabupaten Ponorogo yang diwakili oleh Sekda Ponorogo, DR. H. Agus Pramono, MM, Penghargaan ini diberikan kepada Kabupaten/ Kota yang dinilai berhasil dalam menciptakan inovasi pembangunan ketahanan pangan. (Agus/humasPNG)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below