Puskesmas Jabon, Laksanakan Vaksinasi Tahap Pertama di Balai Desa Jombatan

Posted by: Reply 493 Views

Foto: Kepala Desa Jombatan Kislan (kanan) bersama Kepala Puskesmas Jabon drg. Retno Handanurwiyati.

KJ, Jombang – Ratusan warga Desa Jombatan, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang melakukan penyuntikan vaksinasi Astra Zeneca tahap pertama di kantor desa setempat, Senin (5/4/2021) pagi.

Vaksinasi gelombang pertama dimulai pukul 08.00 sampai pukul 14.00 WIB, diutamakan kepada lansia atau lanjut usia dengan jumlah peserta 300.

Kepala Puskesmas Jabon drg. Retno Handanurwiyati menjelaskan bahwa, penyuntikan tahap pertama di Desa Jombatan ini, pihaknya menyiapkan tenaga vaksinator dan fasilitas vaksinasi.

“Alur vaksinasi terdiri dari 4 meja. Meja pertama pendaftaran dan verifikasi data calon penerima vaksin. Meja kedua skrining atau pemeriksaan. Meja ketiga tempat vaksinasi. Kemudian terkahir meja observasi setelah penyuntikan vaksin, jelasnya.

Untuk hari ini, Vaksin Astra Zeneca diperuntukkan kepada 300 lansia. Semuanya lansia, ucap dokter Retno saat wawancara ke awak media.

Kepala Puskesmas Jabon itu juga mengatakan, kalau pihaknya setiap hari keliling ke desa-desa. Kemarin di Desa Sengon, kemudian di Desa Kepatihan, katanya.

Menurutnya, Vaksin ini lebih ramah untuk lansia, makanya diutamakan pada usia lanjut. Keamanan vaksinasi inipun sudah dihalalkan MUI. Setelah vaksin tahap pertama, kita akan lakukan lagi setelah 2 bulan, tuturnya.

Terpisah, Kepala Desa Jabong “KISLAN” menuturkan kalau warganya sangat antusias mengikuti Vaksinasi ini. Bahkan ada warga kami yang belum dapat undangan, datang minta divaksin. Semuanya ingin sehat dan wabah ini segera berakhir, harapnya.

“Mudah-mudahan Covid-19 ini segera hilang. Dan terima kasih kepada warga semua yang antusias ikut melaksanakan vaksinasi yang dilaksanakan oleh Puskesmas Jabon yang kebetulan bertempat di kantor Desa Jombatan”, pungkasnya. (ash).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below