Rapat Koordinasi Pendamping Desa Kabupaten Jombang Tahun 2020

Posted by: Reply 976 Views

KJ, Jombang — Rapat koordinasi pendamping Desa tahun 2020, Prioritas program-program penanggulangan kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan pencapaian pendidikan, perlindungan sosial kebijakan untuk menurunkan angka gizi buruk.

Rapat koordinasi ini diselenggarakan di lantai 2, ruang Bung Tomo Pemerintah Kabupaten Jombang, Kamis (6/2/2020).

Kepala Dinas Sosial Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang, Drs Mochamad Saleh, dalam wawancaranya ke Pewarta Kabarjagad mengatakan, Ini adalah momen yang sangat penting dan luar biasa buat saya, karena saatnya sekarang adalah untuk lebih meningkatkan perubahan-perubahan pembangunan yang ada di Desa. Maksudnya adalah untuk menjalankan visi-misi Bupati dan wakil Bupati dalam rangka percepatan dan penurunan angka kemiskinan di daerah.

“Salah satunya adalah DPMD, Dinas Sosial sebagai salah satu dinas yang menampuh kaitan dengan program-program kemiskinan. Dan tidak dilakukan dengan satu, dua dinas saja, tetapi harus ada konsep integrasi, harus ada konsep kolaborasi.

“Maka dari itu Dinas Sosial dalam program ini, akan mendirikan sebuah kelembagaan sosial yang dinamakan dengan Puskesos (Pusat Kesejahteraan Sosial Desa), yang isinya adalah kader-kader dari pendamping DD, Karang Taruna, PKH, PSM, dan semuanya, dan itu akan lebih memudahkan terkonsentrasi dengan pembangunan masyarakat desa, dan akan memudahkan Pemerintahan Desa terutama didalam melakukan proses verifikasi dan validasi data kemiskinan, karena yang tahu masalah kemiskinan adalah tingkat akar paling bawah adalah desa, kata Kepala Dinas Sosial.

Sementara itu, Kepala DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa)  Sholahuddin, S.STP., M.Si., mengatakan, kita diminta jadi koordinator tenaga ahli Kabupaten. Kita itu memberikan motivasi kepada pendamping yang ada di Kecamatan maupun di Desa untuk memberikan motivasi kepada mereka biar lebih semangat lagi.

“Harapan kami agar mereka mendampingi Kecamatan maupun Desa terkait perencanaan sehingga APBDesa bisa terfasilitasi dengan baik,” pungkas Sholahudin.

Pewarta Kabarjagad Agus Situju Haerah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below