SPBI Demo Damai,Tolak Revisi UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003

Posted by: Reply 210 Views

KJ, Jombang — Rabu (18/09/2019).Ratusan pengunjuk rasa yang tergabung dalam SPBI (Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia) Jombang menggelar demonstrasi, salah satu tuntutan yang diusung adalah menolak revisi UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2013. SPBI menilai, revisi tersebut semakin menyengsarakan buruh. Pasalnya, dengan adanya revisi itu semakin melegalkan hubungan perburuhan yang lentur.

Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan Kabupaten Jombang Purwanto, dalam wawancaranya ke pewarta Agus Situju Haerah, mengatakan, kami sangat menghargai apa yang telah dilakukan teman-teman buruh, dengan memperjuangkan nasibnya. Tentunya karena ini menyangkut dengan regulasi dari pemerintah pusat, baik tentang Undang-undang nomor 13 tahun 2003, tentang ketenagakerjaan maupun undang-undang   dengan jaminan sosial Nasional, maupun BPJS tenaga kerjaan dan kesehatan,” ucapnya.

Tentunya kami dari Kabupaten sebagai pelaksana regulasi saja, adapun yang menggodok, memproses regulasi tersebut ada di pusat. Adapun tuntutan dari para pendemo adalah, menolak revisi Undang-undang ketenagakerjaan dan menolak adanya rencana kenaikan iuran BPJS. Kami selaku pemerintah tingkat daerah/kabupaten, hanya sebatas pelaksana saja dari regulasi tersebut, kami tidak bisa berbuat apa-apa. Kami hanya bisa memfasilitasi  saja, bersama teman-teman di Kepolisian koordinasi kita, agar mereka bisa melangsungkan aksi dengan damai, dan lepas kegiatan anarkis,” ujar Purwanto, Rabu (18/09/2019).

Aksi ratusan buruh itu dimulai dari pabrik plywood di Kecamatan Diwek. Selanjutnya, mereka melalukan longmarch menuju pendapa Pemkab Jombang. Selain mengendarai sepeda motor, massa aksi juga menumpang mobil bak terbuka.

Sesampainya di depan pendapa, para demonstran melakukan orasi secara bergantian.Mereka juga membentangkan spanduk dan poster yang berisi tuntutan. Dari pendapa, aksi dilanjutkan ke kantor DPRD setempat. Di kantor dewan, buruh menyampaikan tuntutan serupa “Selain menolak revisi UU Ketenagakerjaan dan rencana kenaikan BPJS, kami juga menolak RUU KPK,” Nurul Chakim usai bertemu dengan sejumlah anggota DPRD Jombang. (ags).

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below