Pemerintah Kabupaten Jombang Teken MoU Dengan Sekjen Kemenkes RI

Foto: Wabup Jombang (kiri) didampingi Asisten, Kadis Kesehatan, Direktur RSUD Ploso dan Kepala OPD Pemkab Jombang diruang JCC (kabarjagad.id)

KJ, Jombang – Bupati Jombang melalui Wakil Bupati Sumrambah didampingi Asisten Pemerintahan, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Ploso dan Kepala OPD terkait, teken nota kesepahaman (MoU) dengan Sekjend Kementerian Kesehatan RI, drg. Oscar Primadi.

Wakil Bupati Jombang, Sumrambah mengatakan, penandatanganan MoU penyediaan dokter spesialis dari Kemenkes ini merupakan program dan usulan pemerintah daerah. Jadi daerah yang membayarkan gajinya. Kami juga memberikan insentif, tempat tinggal dan transfortasi sesuai kemampuan daerah, ujarnya usai teken MoU di Ruang Pemkab Jombang Command Center, Rabu (18/11/2020).

Penyediaan dokter spesialis dilakukan agar kesehatan di Jombang semakin baik dan benar-benar bisa mewujudkan Jombang Yang Berkarakter dan Berdaya Saing, kata Wabup.

Lebih lanjut, dari MoU kemarin, RSUD Ploso mendapat satu dokter spesialis penyakit dalam. RSUD Jombang juga akan mendapat dokter spesialis, hanya saja jumlah dan jenis spesialisasinya belum disebutkan secara detail. Dokter spesialis yang ditugaskan dalam program ini rata-rata adalah dokter yang baru lulus pendidikan. Masa penugasannya selama setahun.

Ia menambahkan, sekarang ini rumah sakit di Jombang sudah menjadi penyanggah bagi daerah-daerah sekitar. RSUD Ploso menjadi penyanggah pasien dari Lamongan. RSUD Jombang menjadi penyanggah pasien dari Nganjuk dan sekitarnya. Hal ini mendorong Pemerintah Kabupaten Jombang untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dua rumah sakit tersebut. Makanya sumberdaya manusia dan sarana prasarananya terus ditingkatkan, tambahnya.

“Dengan adanya program pengiriman dokter spesialis dari Kemenkes ke Jombang, otomatis akan menambah sumberdaya manusia dan pasti akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan. ’’Berapa pun dokter spesialis yang ditugaskan Kemenkes, Pemkab Jombang siap menerima,’’ tutup Wakil Bupati Jombang Sumrambah.(ags).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below