Tak Hanya Sanksi Sosial Pemkot Madiun Juga Berlakukan ini 

Posted by: Reply 7308 Views

KJ.Madiun – Pemerintah Kota Madiun turut mendukung pemberlakuan Perda Jawa Timur Nomor 2 Tahun 2020 dan Pergub Jatim Nomor 53 Tahun 2020. Khususnya, terkait sanksi administrasi bagi pelanggar protokol kesehatan.

Untuk itu, uji coba penegakan peraturan yang digulirkan oleh Pemprov Jatim itu dilaksanakan di Jalan Pahlawan mulai pukul 14.00, Senin (14/9). Bersama Polres Madiun Kota, Pengadilan Negeri Kota Madiun, dan Kejaksaan Negeri Kota Madiun, pemkot menggelar operasi yustisi dengan merazia pengguna jalan yang tidak menggunakan masker dan menerapkan sidang di tempat.

‘’Selama satu jam operasi yustisi, ditemukan empat pelanggar. Artinya, dari sekian banyak pengguna mobil dan motor sudah banyak yang patuh. Saya harap, mulai besok dan seterusnya sudah nihil pelanggar protokol kesehatan,’’ ujar Wali Kota Madiun Maidi saat turut memantau operasi yustisi di Jalan Pahlawan itu.

Tidak seperti aturan yang ditetapkan Pemprov Jatim, besaran denda disesuaikan dengan kemampuan masyarakat Kota Madiun. Yakni, bagi yang membawa masker tapi tidak dipakai dikenakan denda Rp 50 ribu. Sedangkan, pelanggar yang tidak membawa dan tidak mengenakan masker dikenai denda Rp 75 ribu.

Namun, Pemkot Madiun memberikan keringanan bagi warga yang tidak sanggup membayar sanksi administrasi. Yakni, membayar dengan sanksi sosial sesuai Perwal Nomor 39 Tahun 2020. Pelanggar aturan diminta untuk menyemprotkan cairan desinfektan pada fasilitas umum di sekitar Jalan Pahlawan.

Sebelumnya, para pelanggar aturan juga menjalani rapid test untuk memastikan seluruhnya non reaktif dari Virus Corona. Bagi yang tidak membawa masker, petugas juga membagikan pelindung hidung dan mulut tersebut.

Salah satunya seperti dialami oleh Hardianto. Pria 45 tahun yang tinggal di Kelurahan Patihan itu terjaring razia petugas karena tidak memakai masker. ‘’Memang tadi tidak bawa masker. Saya tidak tahu kalau ada razia seperti ini,’’ ungkapnya.

Meski begitu, Hardianto mengaku kapok dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Serta, mengajak anggota keluarganya yang lain agar lebih patuh terhadap aturan yang telah ditetapkan pemerintah terkait protokol kesehatan. ‘’Setelah ini akan lebih rajin pakai masker,’’ imbuhnya.

Tidak hanya pengguna kendaraan roda dua, kewajiban mengenakan masker juga berlaku bagi kendaraan roda empat dan seterusnya. Sebab, meski di dalam ruangan mobil tidak dapat menjamin aman dari Virus Korona.

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat. (Djay)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below