Viral, Video Kepala Desa di Jombang Bersihkan Saluran Air

Posted by: Reply 447 Views

Foto: Video screenshot Kepala Desa Karangdagangan.

KJ, Jombang – Beredar video seorang Kepala Desa di Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur, tengah melakukan kerjabakti dengan membersihkan sebuah saluran air. Video berdurasi 28 detik itupun langsung viral di media sosial.

Penelusuran Pewarta Kabarjagad.id, diketahui kalau pria tersebut bernama Haji Tambit, Kepala Desa Karangdagangan Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang.

Saat bincang-bincang dengan media ini, beliaunya tertawa dan terkejut setelah kami memperlihatkan video itu.

Menurutnya, video tersebut baru disadari kalau ada warganya yang menvideo. Ia mengaku tidak menyadari saat mencangkul di selokan air yang ada di Dusun Karangasem. Diketahuinya setelah Pewarta Kabarjagad mendatangi kediamannya.

“Saya baru tahu pak kalau saya di video. Ini pasti kelakuan warga saya, ucapnya sambil tertawa. Kami memang sering berkeliling ke permukiman warga untuk memastikan bahwa warga kami aman dari banjir. Apalagi musim ekstrim seperti ini, tutur Kades Karangdagangan, Minggu (7/3/2021) sore.

Dikatakannya, kemarin itu ada laporan warga kalau di Dusun Karangasem Desa Karangdagangan air meluap. Setelah dicek ternyata selokan tersumbat. Biasanya kalau sudah begini sudah pasti sampah penyebab utamanya, kata H. Tambit.

Untuk mengantisipasi terjadinya luapan air akibat hujan deras, saya turun langsung membersihkan selokan ditempat tinggal warga, lanjutnya.

Kades Karangdagangan itu menjelaskan, dirinya membersihkan selokan dengan cara mencangkul dan mengeluarkan lumpur dan sampah yang tersumbat pada selokan itu.

Alhamdulillah, setelah warga melihat, warga langsung turun bergotong royong. Termasuk sisa-sisa air yang ada didalam selokan kami bersihkan semuanya. “Saya mengajak warga proaktif membersihkan saluran agar mampu menampung air yang datang dari segala penjuru, pungkas H. Tambit.

Terpisah, salah seorang warga Dusun Karangturi Desa Karangdagangan, Khudlori mengatakan, sejak dilantiknya H. Tambit menjadi Kepala Desa Karangdagangan tahun 2019 lalu, memang beliau kerap berkeliling ke permukiman warga.

“Apalagi sejak wilayah Kecamatan Bandarkedungmulyo dilanda banjir. H. Tambit sering berpatroli untuk memastikan wilayahnya aman dari banjir. Bahkan pak Kades itu berkeliling ke permukiman warga, kata Khudlori. (ash).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below