Wakil Bupati Jombang, Hadiri Andum Alpukat Desa Sambirejo Wonosalam 2020

Posted by: Reply 527 Views

KJ, Jombang – Andum Alpukat Sambirejo 2020, Kirab Tumpeng Hasil Bumi dilapangan olahraga Dusun Komboh, Desa Sambirejo Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang Jawa Timur, Minggu (15/3/2020).

Satu tumpeng raksasa buah alpukat sebanyak 2020 kilogram dibagikan ke pengunjung dan juga dimeriahkan dengan kirab 13 tumpeng yang diiringi 4 grup kuda lumping, menuju lapangan Desa Sambirejo dengan jarak sekitar 1,4 kilometer.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Jombang, Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan, Kepala BKD, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Sosial, Camat, Kapolsek, Danramil serta Kepala Desa se Kecamatan Wonosalam.

Wakil Bupati dalam Sambutannya menyampaikan, acara Andum Alpukat ini, menunjukkan bahwa Wonosalam akan segera bangkit sebagai daerah wisata. Kemarin waktu Kenduren durian yang hadir ribuan orang, sekarang juga dihadiri ribuan orang. Kalau ingin Wonosalam jadi kawasan wisata, tolong jaga perilaku dan lingkungan, ayo nanam pohon biar  semakin teduh dan membuat wisatawan nyaman, ujar Sumrambah.

Dengan adanya kenduren durian, andum alpukat, manggis dan kenduren salak adalah bagian dari ucapan rasa syukur kita kepada Allah SWT agar warga Wonosalam selalu diberkahi, dianugerahi rezeki yang halal dan bermanfaat. Semoga hasil tanaman tahun depan makin baik dan hasilnya melimpah dan yang terpenting kita dianugerahi kesehatan.

Saat ini kita didera sebuah badai yang namanya virus Corona Covid-19, mari kita lawan badai Corona ini dengan kebahagiaan, keriangan dengan menanam buah-buahan asli Indonesia, karena dengan menanam buah, maka tubuh kita akan sehat sehingga virus Corona tidak bisa masuk ke tubuh kita, ujar Wakil Bupati.

Saya juga berharap kepada Kepala Desa se Kecamatan Wonosalam untuk bersatu padu, bukan malah bersaing, tetapi semua Kepala Desa yang ada Carang Wulung, Panglungan, Wonokerto, Sambirejo, Wonokerto, Sumberjo, Jarak, Wonosalam, dan Galengdowo, semua harus bisa berkolaborasi dan harus bersinergi, agar cita-cita dan impian Wonosalam menjadi kota wisata bisa terwujud, tutur Sumrambah.

Sementara itu, Kepala Desa Sambirejo Sungkono, dalam wawancaranya ke Pewarta menjelaskan, Andum Alpukat ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan dan untuk mengangkat perekonomian warga Desa Sambirejo. Dulu cengkeh, berhubung karena virus masyarakat Desa Sumberejo beralih ke Alpukat. Sekarang pohon alpukat di Desa Sambirejo kisaran 2000 pohon, dan 2000 pohon ini kita mampu melaksanakan Andum Alpukat. Kegiatan ini juga bisa terlaksana atas dorongan masyarakat Desa Sambirejo. Mudah-mudahan tahun depan nanti bisa kita laksanakan lagi, jelasnya.

Pewarta Kabarjagad Agus Situju Haerah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below