Kwartal III, Pendapatan XL axiata Tumbuh 11%

KJ, Jakarta – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali mencatatkan kinerja keuangan yang menunjukkan terus tumbuhnya pendapatan di tengah ketatnya kompetisi industri telekomunikasi dan data tahun ini. 

Hingga sembilan bulan di tahun 2019 ini pendapatan XL Axiata berhasil tumbuh sebesar 11% YoY, dan selama periode triwulan ketiga naik 3% QoQ. 

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, pencapaian ini merupakan hasil usaha keras dalam mendorong penggunaan layanan oleh pelanggan, melalui upselling layanan data.

“Yang pada akhirnya mampu meningkatkan ARPU blended pada kuartal ini, yaitu naik menjadi Rp 36 ribu dari Rp 34 ribu di kuartal sebelumnya.” ujarnya dalam siaran pers XL Axiata yang diterima redaksi kabarjagad.id, Minggu (03/11/19).

Dian Siswarini menambahkan,  pendorong utama keberhasilan melakukan upselling pada pelanggan merupakan inisiatif perusahaan dalam menerapkan Customer Value Management yang berbasis analytics, dengan memanfaatkan platform Omni Channel. 

Dirinya menjelaskan, kenaikan pendapatan didorong oleh kenaikan pada pendapatan layanan sebesar 16% YoY dan pendapatan data yang melonjak hingga 30% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Pada saat yang sama, ujar Dian, perusahaan juga berhasil melakukan efisiensi biaya sehingga mampu meningkatkan EBITDA sebesar 19% YoY, yang sekaligus lebih tinggi dari pendapatan dan mendorong peningkatan EBITDA margin sebesar 3 ppts. 

“XL Axiata juga kembali mencatatkan laba bersih yang telah dinormalisasi sebesar Rp 505 miliar di periode 9 bulan tahun  2019 ini.” terang Dian.

Hal inilah yang kemudian turut meningkatkan penetrasi pengguna smartphonemenjadi sekitar 86% atau 47,7 juta dari total pelanggan dan memperbesar kontribusi pendapatan dari layanan data menjadi 88% dari total pendapatan layanan ini termasuk diantaranya pemanfaatan digital IT dandata analytics untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, sehingga perusahaan bisa lebih mudah dalam menyediakan dan menawarkan layanan yang memang dibutuhkan setiap pelanggan. 

“Kami juga memiliki inisiatif lanjutan yang sedang kami rencanakan untuk dapat meningkatkan dan memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan.” ungkap Dian Siswarini. (Tris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below