Layanan Pembiayaan & Asuransi Astra Financial Siap Dukung GIIAS Surabaya 2022

Posted by: Reply 148 Views

Pertumbuhan positif layanan pembiayaan & asuransi Astra Financial di Jawa Timur sepanjang semester I 2022 Astra Financial melalui FIFGROUP, ACC, TAF, dan Asuransi Astra dukung industri otomotif dengan layanan pembiayaan dan asuransi yang prima Dukungan layanan digital unit bisnis Astra Financial yang aman dan Mudah

Kabarjagad.id, Surabaya, 16 September 2022 – Astra Financial mendukung perhelatan otomotif terbesar di Indonesia, GIIAS 2022, salah satunya melalui layanan pembiayaan dan asuransi. Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan GIIAS Surabaya 2022, Astra Financial menyelenggarakan Astra Financial Talk dengan mengundang empat perwakilan dari unit bisnis untuk berbagi tentang keunggulan layanan serta program menarik bagi masyarakat Surabaya. 

Obrolan bersama rekan media di Surabaya tersebut dihadiri oleh Dwi Tjahjono selaku Kepala Wilayah (Kawil) FIFGROUP Jawa Timur, Vieky Afrian selaku Branch Manager ACC Surabaya, Irwan Raharjo selaku Kawil TAF, dan Muliawansyah selaku Kawil Asuransi Astra. Keempat narasumber ini membahas mengenai perkembangan bisnis pembiayaan & asuransi, khususnya di wilayah Jawa Timur, serta perannya dalam mendukung industri otomotif.

Pada semester I 2022, kinerja penyaluran pembiayaan FIFGROUP khusus Jawa Timur mengalami penurunan sekitar 11%. Penurunan kinerja ini juga dapat dilihat dari jumlah unit finance yang menurun sekitar 10%, di mana faktor utama krisis chip semikonduktor mendorong penurunan kinerja tersebut di tengah tingginya permintaan masyarakat terhadap sepeda motor.

Astra Credit Companies (ACC) mencatat pembiayaan kendaraan di Jawa Timur dengan amount finance Rp1,56 triliun selama semester pertama 2022 dan jumlah unit finance yang mencapai 10 ribu unit. Pembiayaan yang disalurkan oleh TAF memiliki amount finance senilai Rp1,02 triliun di Jawa Timur pada periode pertama tahun 2022. Angka tersebut meningkat 37,8% dibanding periode sebelumnya yang hanya sebesar Rp742,9 miliar. Hal ini tercermin pula dari unit finance yang diberikan pembiayaan pada semester pertama tahun ini sejumlah 5.606 unit, meningkat 27,8% di mana pada periode yang sama 2021 4.387 unit. 

Selain itu, pada semester 1 tahun ini, Asuransi Astra wilayah Jawa Timur mencatat pertumbuhan positif premi bruto sebesar 2% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Strategi Perusahaan Mengembangkan Bisnis Astra Financial Kedepannya Untuk mengoptimalkan layanan FIFGROUP kepada customer, salah satu langkah strategis yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melaksanakan pameran virtual, yaitu FIFGROUP FEST dan SPEKTRA FAIR di beberapa kota besar mulai dari Sabang sampai Merauke. Tidak hanya itu, dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, FIFGROUP juga mengembangkan bisnisnya dengan menghadirkan layanan baru, yaitu FINATRA yang berfokus terhadap pembiayaan mikro untuk pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. 

ACC sendiri akan tetap mengacu pada core bisnis ACC, yaitu pembiayaan. ACC sejak dulu sudah mengembangkan inisiatif digitalnya untuk memudahkan customer mendapatkan pembiayaan dengan meluncurkan aplikasi mobile ACCYes!, ACC ONE, serta ACC ONE On The Web. Di tahun ini, anak perusahaan ACC meresmikan Gedung Berijalan Digital Operation Center untuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk pelanggan. 

TAF terus berinovasi demi memberikan pelayanan yang terbaik dan kualitas proses bisnis seperti mobile apps FLEX dan layanan baru TAF Online Services. Selain itu, TAF juga bekerja sama dengan ekosistem digital di Astra Financial, seperti kolaborasi TAF dengan AstraPay, TAF dengan Maucash, TAF dengan SEVA dan juga kolaborasi TAF dengan ekosistem digital di ranah dealer. 

Asuransi Astra juga secara konsisten menerapkan strategi 3P yaitu portfolio, people, dan public contribution. Dari sisi portfolio, Asuransi Astra menerapkan diversifikasi portfolio. Dari sisi people, Asuransi Astra secara aktif meningkatkan kemampuan karyawannya melalui sertifikasi keahlian. Dari sisi public contribution, Asuransi Astra turut serta dalam upaya perwujudan SDGs khususnya terkait bidang bidang kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta pendidikan berkualitas melalui berbagai bentuk kegiatan.

Dukungan Layanan Digital Unit Bisnis Astra Financial yang Aman dan Mudah Layanan digital Astra Financial diharapkan dapat menjawab tantangan di era digital agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen kapanpun dan dimanapun. FIFGROUP sendiri memiliki Fiona sebagai layanan digital bagi konsumen. Selanjutnya, FIFGROUP Mobile Customer (FMC) sebagai aplikasi yang mempermudah konsumen dalam mendapatkan berita terbaru, terkait program ataupun promo. Bisnis ini juga memiliki Dealer Information System (DIS) yang merupakan sistem berbasis website untuk melakukan proses order sampai dengan monitoring disbursement. 

ACC selalu mengedepankan Customer Satisfaction, di mana kepuasan dan solusi terbaik bagi pelanggan adalah tujuan kami. Solusi digital ACC sendiri melalui ACCONE apps dan ACC ONE on the web. Pada tahun 2023 mendatang ACC juga berencana akan meluncurkan satu lagi inisiatif digitalnya di semester pertama 2023. 

Sama halnya dengan TAF, produk pembiayaan FLEXI memberikan fleksibilitas kepada nasabah untuk mengatur besaran cicilan bulanan. TAF juga memiliki DEAL sebagai aplikasi untuk bagi sales dealer dengan fitur-fitur seperti kalkulator kredit, pemantauan status aplikasi, dan achievement monitoring. Selanjutnya, TAF menghadirkan alternatif layanan mobilitas, yaitu Kinto One di Indonesia.

Asuransi Astra juga ikut mendukung layanan digital dengan meluncurkan aplikasi Garda Mobile Otocare di mana pelanggan dapat mengajukan klaim hingga membeli berbagai kebutuhan otomotif secara online. Layanan seperti contact center 24 jam Garda Akses, layanan darurat 24 jam Garda Siaga, serta layanan klaim di pusat perbelanjaan Garda Center juga terus dimaksimalkan.

Promo & Program Khusus Selama GIIAS Surabaya 2022 Hanya di GIIAS 2022, ACC berkolaborasi dengan TAF menawarkan berbagai promo menarik untuk pengunjung yang ingin mendapatkan mobil impian dengan bunga mulai 0,77% untuk tenor 1 tahun dan bebas biaya admin, serta bunga sebesar 2,77% untuk Tenor 2 dan Tenor 3 tahun, 3,77% untuk Tenor 4 tahun, dan 4,77% untuk Tenor 5 tahun.

FIFGROUP menawarkan promo khusus untuk 2 tipe sepeda motor Honda. Pertama, FIFGROUP menawarkan promo hemat angsuran dengan DP ringan sebesar Rp1 juta ataupun program hemat angsuran hingga Rp10 juta untuk pembelian motor Honda tipe ADV160 dan CB150X, DP 8% untuk Type Reguler dan DP 15% berlaku untuk tipe sepeda motor Big Bike (500cc keatas). Pelanggan juga berkesempatan untuk mendapatkan cashback saldo AstraPay senilai Rp1 juta (motor Big Bike) dan Rp500.000 (non Big Bike) untuk pelanggan repeat order FIFASTRA. Seluruh customer juga berkesempatan mendapatkan jaket limited edition. 

Asuransi Astra juga memberikan hadiah langsung untuk 25 SPK berupa asuransi perlindungan kecelakaan diri Garda Me Micro. Selain itu juga pengunjung berkesempatan mendapatkan 7 asuransi Garda Healthtech dan perluasan Jaminan Tanggung Jawab Hukum (TJH) melalui program lucky dip. (Amar)
 
 
 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below