OJK: Stabilitas Makro Ekonomi Nasional Terjaga                                                                                                     

Posted by: Reply 217 Views

KJ, Surabaya-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat selama tahun 2019 stabilitas makro ekono nasional sangat terjaga, meski terjadi guncangan ekonomi global.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan, Heru Kristiyana mengatakan, di tengah penurunan pertumbuhan ekonomi global di sepanjang tahun 2019, secara umum stabilitas makroekonomi Indonesia masih tetap terjaga. Terbukti, pertumbuhan ekonomi nasional masih tercatat 5,02% di kuartal III 2019, dan diharapkan pada akhir tahun masih di atas 5%. 

“Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada kuartal III 2019 adalah sebesar 5,32%, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional.  

Hal ini tidak terlepas dari peran pembiayaan oleh Industri Jasa Keuangan di Jawa Timur.”ujarnya dalam acara Pertemuan Tahunan Pelaku Industri Jasa Keuangan (PTIJK) Tahun 2020, dan Serah Terima Jabatan Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur di Ballroom Hotel Sheraton Surabaya, Selasa (28/01/20).

Ia menjelaskan, kredit Perbankan sampai dengan posisi November 2019 tumbuh 3,9%. Jumlah emiten di Jawa Timur yang melakukan penghimpunan dana di Pasar Modal meningkat menjadi 37 emiten, adapun total Dana yang dihimpun dari 3 emiten yang melakukan penawaran umum perdana (IPO) tahun 2019 mencapai sebesar Rp136,8 miliar. 

Jumlah investor saham, kata Heru Kristiyana, meningkat signifikan sebesar 34,3% dan jumlah investor Reksa Dana meningkat sebesar 93,7% dari tahun lalu, terutama investor retail. Industri Keuangan Non Bank di Jawa Timur juga meningkat, Premi Asuransi tumbuh 0,7% dan Piutang Perusahaan Pembiayaan tumbuh sebesar 5,9%. 

Dirinya kembali mengatakan, sepanjang tahun 2019, OJK Regional 4 Jawa Timur telah melakukan upaya yang masif dan berkesinambungan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat Jawa Timur guna meningkatkan literasi keuangan dalam mewujudkan Jatim Well Financial Literate. 

“Upaya peningkatan literasi keuangan kepada masyarakat Jawa Timur dilaksanakan melalui 194 kegiatan sosialisasi kepada masyarakat, menginisiasi Program Si-Pinter Keuangan.”terangnya. 

Heru Kristiyana dalam kesempatan tersebut sekaligus memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada keberhasilan Kantor Regional 4 Jawa Timur yang sebelumnya dipimpin oleh Heru Cahyono dalam menjalankan fungsi dan peran OJK di wilayah Provinsi Jawa Timur.

“Selanjutnya beliau berharap momentum ini dapat menjadi tonggak bagi Kepala Kantor Regional 4 Jawa Timur yang baru, Bambang Mukti Riyadi untuk lebih mengukir prestasi dalam mewujudkan OJK yang “kredibel” di mata stakeholder.”ungkapnya.(Tris) 

 

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below