Pasang Travelator, Alun-Alun Surabaya Rampung Desember 2020

KJ, Surabaya – Pemkot Surabaya ngebut menyelesaikan pembangunan alun-alun bawah tanah Kota Surabaya yang berada di Komplek Balai Pemuda, pembangunan ditargetkan rampung bulan Desember tahun ini.

Setelah memasang kabut asap dan air mancur di atas area Plaza Alun-Alun Surabaya atau, kini Pemkot Surabaya memasang Travelator.

Travelator sendiri adalah, sistem transportasi vertikal didalam bangunan gedung untuk memindahkan orang atau barang, dari satu lantai ke satu lantai yang berikutnya, mirip eskalator.

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Kota Surabaya, Iman Krestian mengatakan, dua pekan lalu kami telah memasang travelator di area atas alun-alun basemen Kota Surabaya.

“Dengan telah dipasangnya Travelator, kami optimis Desember Alun-Alun Kota Surabaya selesai dibangun, dan bisa dinikmati warga Kota Surabaya dengan protokol kesehatan yang ketat”ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Kamis (12/11/20).

Ia menjelaskan, travelator ini untuk memudahkan pengunjung yang ingin melihat alun-alun bawah tanah Kota Surabaya. Artinya, memudahkan pengunjung naik turun dari basement lanjut ke atas area Alun-Alun.

Iman Krestian menerangkan, sebelum memasang travelator kita pasang box kaca diatasnya sebagai pelindung Travelator sebelum digunakan.

“Namun, karena khawatir ada demo besar-besaran kembali terjadi, terpaksa diganti dengan terpal biru diatas Travelator dan lift.”terangnya.

Disisi lain, jelas Iman Krestian, pengerjaan basement atau bawah tanah sudah selesai, tinggal penambahan interior-interior nya saja. Sementara diatas alun-alun atau area Komplek Balai Pemuda juga hampir selesai.

Hanya saja, kata Iman Krestian, saat demo Omnibus Law pertama di Surabaya, banyak taman di area Balai Pemuda rusak, dan kaca-kaca penutup alun-alun pecah sehingga perlu perbaikan kembali.

Saat ditanya Desember Alun-Alun Kota Surabaya apa sudah bisa dibuka, Iman Krestian mengatakan, karena masih kondisi pandemi Covid-19 jadi soal dibuka atau tidak untuk umum, kami masih evaluasi lagi.

“Yang pasti kami saat ini sedang memasang travelator.”ungkapnya.

Seperti diketahui, proyek pembangunan alun-alun bawah tanah Kota Surabaya yang berada di Komplek Balai Pemuda, Pemkot Surabaya menganggarkan Rp78 miliar dari APBD Kota Surabaya.(Tris)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below