Kabarjagad, Surabaya – Dalam momentum peringatan Hari Pelanggan Nasional, PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), entitas di bawah Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP), kembali menegaskan komitmennya untuk menempatkan pelanggan sebagai mitra dalam peningkatan kualitas layanan terminal. (11/9)
Melalui berbagai inisiatif apresiatif dan interaksi langsung, TPS terus mengedepankan pelayanan yang responsif, adaptif, dan berkelanjutan, selaras dengan dinamika kebutuhan pengguna jasa kepelabuhanan.
Senior Vice President Komersial dan Hubungan Pelanggan, Bayu Setyadi, menyampaikan bahwa dalam ekosistem logistik dan industri kepelabuhan yang kompetitif serta dinamis, pelanggan tidak hanya sebagai pengguna, namun merupakan mitra bisnis yang memegang peranan penting untuk keberlanjutan bisnis, melakukan perbaikan secara berkelanjutan sehingga bersama-sama dapat tumbuh dan berkembang.
“Kami percaya bahwa kritik, masukan, maupun saran dari pelanggan merupakan fondasi penting dalam membangun layanan yang unggul dan berdaya saing. Komitmen kami adalah untuk senantiasa hadir sebagai mitra yang solutif, terbuka terhadap evaluasi, dan tanggap terhadap dinamika kebutuhan pelanggan,” ujar Bayu.
Sejalan dengan transformasi yang dilakukan pasca integrasi Pelindo, TPS terus memperkuat fondasi layanan melalui standarisasi, sistemasi dan digitalisasi. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, serta keandalan layanan kepada pelanggan.
Beberapa inovasi yang telah dijalankan diantaranya CDR online, layanan fumigasi dan pemeriksaan kulit mentah garaman, monitoring peti kemas longstay, Automatic Damage Detection Systems (ADDS) dan Truck Booking Systems (TBS).
TPS juga tengah mengembangkan Terminal Operating System (TOS) yang lebih terintegrasi, guna mendukung operasi pelabuhan yang berbasis data dan teknologi melalui Planning & Control (PnC) — PnC dilaksanakan secara terpusat pada pusat kendali terpadu yang memungkinkan pemantauan real-time terhadap aktivitas terminal, termasuk traffic monitoring, vessel planning dan koordinasi layanan antara darat dan laut.
Komunikasi Dua Arah Jadi Pilar Perbaikan Layanan Komitmen terhadap peningkatan layanan pelanggan juga diwujudkan melalui pendekatan komunikasi dua arah yang konsisten.
TPS secara rutin menyelenggarakan forum diskusi pelanggan (monthly meeting), melakukan survei kepuasan pelanggan, serta kunjungan ke mitra usaha (Customer Visit) sebagai bentuk nyata mendengar dan mengetahui perspektif bisnis pelanggan, kebutuhan penguatan layanan dan hal-hal konstruktif lainnya. Hal ini dilakukan sehingga bersama-sama, Pelanggan dan TPS dapat melangkah dinamis sesuai dinamika bisnis.
Tidak lupa, TPS juga senantiasa memastikan bahwa Pelanggan dan TPS dalam komitmen yang sama serta mengimplementasikan penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance). Sosialisasi baik daring maupun luring dilakukan secara berkala. Termasuk dalam materi pertemuan berkala adalah informasi-informasi penting di TPS, termasuk kanal-kanal yang dapat dihubungi dan siap membantu pelanggan, baik apabila terjadi kendala operasional maupun sehubungan dengan pelaporan terhadap dugaan adanya gratifikasi, suap, korupsi, pungli dan/atau pelanggaran terhadap ketentuan lain yang layak menjadi perhatian dan memperoleh tindaklanjut dari TPS.
Selain itu, pada tahun ini TPS juga mengajak Pelanggan untuk melakukan kegiatan Environmental, Social and Governance (ESG) Journey, dimulai dengan penandatanganan komitmen Program ESG bersama, penanaman pohon, sosialisasi Program ESG Journey bersama Pelanggan hingga tahun 2026, Forum Group Discussion (FGD) dan kegiatan ESG lain yang akan dilaksanakan pada tahun 2025.
“Menjaga kepercayaan pelanggan adalah perjalanan jangka panjang. Kami akan terus bergerak maju dengan semangat inovasi, keberlanjutan, dan akuntabilitas dalam setiap aspek layanan kami,” tutup Bayu.(lg)