7 Kebiasaan Yang Dapat Membuat Kulkas Lebih Hemat Listrik

Penulis: Anam

Kabarjagad.id – Sebagai perangkat elektronik yang berfungsi untuk menyimpan dan menjaga kesegaran makanan, kulkas harus beroperasi selama 24 jam penuh setiap harinya. Kulkas pun jarang dimatikan kecuali saat hendak dibersihkan. Oleh karena itu, kulkas menjadi salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang paling banyak mengonsumsi energi listrik. Konsumsi listrik inilah yang sering membuat tagihan listrik per bulan menjadi lebih besar.

Akan tetapi, sebenarnya ada cara untuk membuat kulkas lebih hemat dalam hal mengonsumsi daya listrik. Anda perlu membiasakan beberapa hal ini agar tagihan listrik bulanan tidak membengkak akibat penggunaan kulkas. Dihimpun dari Kompas, berikut adalah tips agar kulkas Anda lebih hemat listrik.

Tips Agar Kulkas Lebih Hemat Listrik :

1. Memberi Jarak antara Kulkas dengan Dinding dan Sekitarnya.

Kulkas memerlukan jarak minimal 10-15 cm dengan dinding dan sekitar 30 cm dengan langit-langit. Tujuannya agar tidak menjadi cepat panas dan beban kerjanya menjadi lebih ringan, sehingga energi yang diperlukan untuk beroperasi tidak terlalu banyak.

2. Mengisi Kulkas Sesuai Kapasitas.

Isi kulkas sesuai kapasitasnya dan hindari mengisi kulkas hingga terlalu penuh. Kulkas yang terlalu penuh akan membuat bahan makanan yang disimpan di dalamnya tidak dingin. Udara dingin di dalam kulkas memerlukan sedikit ruang lega untuk keperluan sirkulasi udara.

3. Tutup Rapat Pintu Kulkas.

Pintu kulkas harus ditutup secara rapat karena hal tersebut akan membuat kulkas mencapai suhu dingin lebih cepat. Ingat pula untuk tidak terlalu sering membuka dan menutup pintu kulkas. Lampu kulkas yang menyala akan menghabiskan energi. Juga jangan terlalu lama membuka pintu kulkas. Jika hal ini dapat dibiasakan, kulkas akan lebih hemat listrik dan memungkinkan kulkas tahan lebih lama.

4. Atur Suhu Seperlunya.

Atur suhu kulkas sesuai kebutuhan. Hindari mengatur suhu kulkas pada titik terendah. Pengaturan suhu pada titik terendah dapat menambah berat kinerja kulkas sehingga menjadikan konsumsi energi listrik menjadi lebih banyak.

5. Hindari Menyimpan Makanan atau Minuman Panas.

Jangan langsung menyimpan makanan dan minuman panas ke dalam kulkas. Lebih baik tunggu hingga dingin terlebih dahulu baru memasukkannya ke kulkas. Menyimpan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas dapat memengaruhi suhu dalam kulkas sehingga kinerja kulkas dalam proses pendinginan semakin berat dan membutuhkan banyak energi listrik.

6. Bersihkan Kulkas Secara Teratur.

Membersihkan kulkas secara teratur selain menghindarkan kulkas dari kotoran dan bau tidak sedap, juga dapat menghemat konsumsi listrik. Debu dan kotoran lainnya dapat menyumbat saluran pembuangan dan udara sehingga mengakibatkan mesin harus bekerja lebih keras. Jika sudah demikian, maka biaya yang dikeluarkan akan semakin banyak. Belum lagi jika kulkas mengalami kerusakan dan harus ada biaya tambahan untuk memperbaikinya.

7. Matikan Kulkas Pada Saat Tertentu.

Matikan kulkas saat hendak ditinggal bepergian jauh selama beberapa waktu. Agar tidak bau, buka sedikit pintu kulkas selama dimatikan.

Itulah 7 tips merawat kulkas agar lebih hemat listrik. Mudah bukan? Anda pun hanya perlu membiasakannya di rumah dan menularkan kepada seluruh anggota keluarga agar dapat menghemat pengeluaran listrik bulanan. Kebiasaan baik ini juga mempunyai dampak positif lainnya, yaitu membuat pemakaian kulkas dapat bertahan lebih lama hingga tahunan.

Jika di rumah anda ada elektronik yang rusak, segera hubungi SURABAYA PENDINGIN di nomer WhatsApp 081242459680

MELAYANI SERVICE PANGGILAN :
* AC (Air Conditioner)
* KULKAS
* MESIN CUCI
* DISPENSER
* SHOW CASE
* FREEZER
* WATER HEATER
Kami Ahli Di Segala Merk Dan Kami Langsung Kerjakan Di Tempat (Rumah Anda) Serta Bergaransi 1 Sampai 3 Bulan.
Kami Merupakan Penyedia Jasa Service Panggilan Di Wilayah Surabaya Gresik Sidoarjo Yang Berpengalaman Lebih Dari 17 Tahun. Kami Senantiasa Berusaha Untuk Memberikan Pelayanan Yang Terbaik Untuk Setiap Pelanggan Kami.
Jangan Ragu Untuk Menggunakan Jasa Service Dari Kami. Karena Kami Telah Berpengalaman Di bidang Service ini Lebih Dari 17 Tahun Dan Di Kerjakan Oleh Teknisi Yang Telah Berpengalaman, Handal, Profesional Dan Anti Gagal.
Jadi Tunggu Apa Lagi, Segera Hubungi Kami Cukup Melalui WA/TELPON : 081242459680 Kami Akan Segera Datang Ke Alamat Yang Anda kirimkan Kepada Kami.
Merk Yang Kami Service :
PANASONIC, SAMSUNG, LG, MIDEA
CHANGHONG, DAIKIN, AQUA, GEA
UCHIDA, NATIONAL, GREE, TOSHIBA, TCL, AKARI, AKIRA, MASPION, MODENA, ELECTROLUX, LUX, AUX, SHARP, SANYO FUJITEC, POLYTRON, DLL
WA : 081242459680
Alamat : 
Jarak No 59
Demak Jaya 1 No 4
Genting Tambak Dalam No 202
Bulak Rukem Timur 1 No 33

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below