Healing Libur Lebaran Nyaman ke Pantai Balekambang dan Ngliyep Malang

Posted by: 836 Views

Pantai Balekambang Kabupaten Malang. (Foto: Ist)

Kabarjagad.id, Malang – Mengisi liburan lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 ke Pantai Malang Selatan, seperti di Pantai Balekambang dan Pantai Ngliyep adalah pilihan yang tepat menikmati liburan bersama keluarga, sekaligus Healing.

Pantai Balekambang dan Ngliyep, dua ikon wisata di Malang Selatan yang dikelola Perumda Jasa Yasa, kedua pantai ini menjadi tujuan favorit oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Jasa Yasa, R. Djoni Sudjatmoko menyampaikan bahwa selama lebaran tahun ini, tempat wisata yang dikelola oleh Perumda Jasa Yasa tetap dibuka untuk pengunjung.

“Pantai Balekambang dan Ngliyep aman serta tetap buka, tidak pernah tutup,” ungkapnya saat ditemui di NK Caffe, Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Malang, Kamis (11/04/2024),

Tiket masuk Pantai Balekambang terbilang cukup murah karena dengan harga tiket sebesar Rp 20.000, sudah bisa menikmati panorama keindahan alam dua pantai. Yakni Balekambang dan Regent. Selain itu, untuk mempermudah pengunjung mendapatkan tiket masuk, Pengelola kini juga sudah tersedia E-tiket

“Minta struknya dan cocokkan antara uang yang dibayar dengan jumlah rupiah yang tertera di struk yang sekaligus berfungsi sebagai tiket,” jelas Djoni.

Meskipun diperkirakan akan diserbu ribuan pengunjung, Djoni menegaskan bahwa pihak pengelola wisata pantai Balekambang dan Ngliyep tidak akan menaikkan harga tiket.

“Dan selama liburan lebaran ini tidak ada kenaikan harga tiket masuk pantai Balaikambang dan pantai Ngliyep,” terangnya.

Pantai Balekambang merupakan salah satu destinasi wisata di Malang, Jawa Timur yang menyajikan pemandangan indah layaknya pantai-pantai di Bali.

Pantai ini membentang sepanjang 2 km dengan lebar 200 m ke arah laut. Saat air laut surut akan tampak dengan jelas ikan hias dan beberapa satwa laut yang berkerumun di sela-sela karang.

Pantai Balekambang memiliki tiga buah pulau berjajar ke arah barat, yakni Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni.

Pantai Balekambang juga telah dilengkapi sejumlah fasilitas yang memadai berikut ini, Area parkir yang luas, Fasilitas camping ground, Mushala, rumah makan, toko cendera mata, dan penginapan

Sementara itu, Pantai Ngliyep terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Hal ini membuat siapa saja yang berkunjung ke sana akan terpana.

Daya tarik utama yang akan ditemukan adalah lautnya yang begitu bersih hingga memancarkan warna biru air laut. Air di pantai ini begitu jernih sehingga menjadi pemandangan yang sungguh menyegarkan.

Pantai eksotik ini terletak di pesisir selatan dan terkenal dengan ombaknya yang besar. Namun karena terdapat tebing tinggi di kedua sisi pantai, ombak yang menerpa kawasan pantai ini tidak terlalu besar. Wisatawan yang ingin berenang atau bermain dengan aman bisa memilih lokasi yang tertutup tebing tersebut.

Di pesisir pantai juga terdapat sebuah tempat bernama Gunung Kombang. Gunung Kombang adalah sebuah pulau kecil di dekat pantai. Ada mitos tentang Gunung Kombang, bahwa di pulau kecil ini terdapat sebuah goa tempat Nyi Roro Kidul pernah muncul.

Masyarakat sering melakukan sesaji di sekitar petilasan ini, di kawasan Gunung Kombang ini juga terdapat pura yang menjadi tempat masyarakat sekitar melakukan ibadah dan tradisi larungan.

Sebagai informasi, pasca lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024, Perumda Jasa Yasa akan mengoperasikan tujuh unit mobil Campervan Volkswagen untuk memanjakan wisatawan. Tujuh unit Campervan Volkswagen itu akan memanjakan wisatawan melalui paket wisata private Pantai Balekambang-Pantai Ngliyep dengan konsep campervan. (Fur)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below