Warga Pasuruan Pengrajin Seruling Bambu Perlu Perhatian Pemerintah 

Kabarjagad, Pasuruan – Daryanto (52) Warga karangloh, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, seorang pengrajin seruling perlu mendapat perhatian pemerintah setempat, menginggat disaat derasnya era digitalisasi dan dampak ekonomi global membuat Daryanto harus berjibaku bertahan pada pembuatan seruling bambu.

Sejak umur 10 tahun Daryanto yang akrab di sapal pakde Sudar, mulai mencintai jenis musik seruling sejak kecil, singkat cerita, awal mulanya membuat kerajinan seruling, ketika pulang dari sekolah yang mana disekitar jalan menuju kampung halamannya, banyak pohon pohon bambu di pinggir jalan, setika itu Daryanto mulai mengambil sebatang bambu kecil untuk dibawa pulang.

Dengan keahlian serta kelihaian tangannya, mulai membersihkan bambu tersebut untuk di rancang menjadi jenis musik seruling,  dalam waktu beberapa jam kemudian, terciptalah sebuah seruling bambu suaranya yang sangat merdu.

Saat media mengunjungi kediaman Daryanto, terlihat sibuk membuat suling pesanan orang untuk dikirim ke luar pulau serta ke Mancanegara dengan jumlah begitu banyak tanpa dibantu dengan orang lain, dan siap untuk segera dipasarkan ke wilayah Jawa timur.(5/6/2022).

“Semenjak dirinya dikenal orang banyak, khususnya pecinta musik suling, akhir akhir ini di sibukkan dengan pesanan, baik melalui online maupun dari Medsos, untuk dibuatkan suling” paparnya.

“Sulingnya memang terbuat dari bahan yang berkwalitas bagus serta merdu di dengar beda dengan suara suling lainnya,” imbuhnya.

Ada beberapa jenis suling mulai dari ukuran  kecil sampai ukuran besar dengan suara yang berbeda beda, tergantung bentuk serta jenis sulingnya, untuk masalah harga dijamin tidak mahal, mengingat kwalitas bahan sangat bagus.

“Kami berharap pemerintah setempat khususnya dinas terkait kabupaten Pasuruan, bisa membantu kami, untuk memasarkan produk sulingnya ke seluruh Indonesia serta ke Mancanegara dengan membawa nama kabupaten Pasuruan, untuk lebih dikenal sebagai desa pengrajin seruling bambu, untuk pemesanan bisa telpon di nomer 081231942177,” harap Daryanto. (Irm/djp)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below