Apresiasi Inovasi Pemuda Lamongan di Hari Sumpah Pemuda

KJ, Lamongan – Pandemi Covid-19 yang masih melanda tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga mempengaruhi kondisi perekonomian Indonesia. Bahkan menurut data BPS tahun 2021, dampak yang luar biasa terhadap 29,12 juta penduduk usia kerja, yakni 2,56 juta diantaranya menjadi pengangguran. Hal itulah yang melatarbelakangi pemuda asal Kecamatan Sarirejo, Salman Al Farisi (21) menciptakan sebuah inovasi berbasis teknologi “Akang Antar” yang sekaligus mengantarkannya mendapatkan penghargaan Pemuda Pelopor Kabupaten Lamongan Tahun 2021 bidang inovasi teknologi. 

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama 13 pemuda berprestasi lainnya usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 Tahun 2021 di halaman Kantor Pemkab Lamongan, Kamis (28/10/2021). 

Pemuda yang masih berstatus mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya tersebut menjelaskan sejak awal tercetusnya ide Akang Antar tahun 2019, inovasi dibidang jasa pengiriman atau delivery order yang ia ciptakan tidak hanya menerima jasa pengiriman barang dalam kota Lamongan saja namun juga antar desa bahkan hingga keluar kota. Dan hingga saat ini berkembang menerima ojek online dengan total 22 driver yang siap melayani konsumen.   

“Saat pandemi kemarin, saya melihat banyak sekali pengangguran akibat  PHK dari tempat kerjanya,. Di lain sisi kita dibatasi untuk tidak keluar rumah agar tidak menimbulkan kontak langsung dengan orang lain. Beli apapun lewat online dan membutuhkan jasa tukang antar barang. Dari situ saya melihat peluang untuk bisa membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran khususnya di Kabupaten Lamongan, meskipun cuma sedikit,” ungkap Salman. 

Salman juga menjelaskan bahwa niat awalnya hanya untuk membantu mengurangi pengangguran di Lamongan, namun berjalannya waktu, impian untuk turut membantu para Usaha kecil Mikro Menengan (UMKM) Lamoingan sangat besar. Hingga saat ini, Akang Antar bahkan sudah menjalin kerjasama dengan 50 UMKM secara cuma-cuma.  

“Saat ini kita juga sudah bekerjasama dengan lebih 50 UMKM Lamongan untuk membantu penjualan dan ini tidak berbiaya, kami gratiskan. Kami membantu mempromosikan produk-produk UMKM di social media, dari situ pengikut di sosmed bisa melihat produk apa saja yang bisa dibeli. Selain yang tersedia di sosmed kita, customer juga bisa memesan berbagai produk yang siap kami antarkan. Intinya, kita memudahkan customer untuk membeli barang tanpa harus pergi jauh-jauh ke outlet,” imbuhnya. 

Selain bisa pesan melalui media sosial instagram dan whatsapp, yang menjadi pembeda Akang Antar dengan delivery order local lainnya yakni tersedianya  aplikasi Akang Antar di playstore, sehingga memudahkan pelanggan dalam menggunakannya. 

Selain menyerahkan penghargaan pemuda pelopor Lamongan 2021, dalam kesempatan tersebut Bupati YES juga menyerahkan kendaraan dinas roda dua kepada penyuluh KB Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lamongan dan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba bertutur tingkat SD/MI Se- Kabupaten Lamongan.(hms/aj)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below