Buka LT III 2022, Bupati Mojokerto : Pramuka Penting untuk Bentuk Watak dan Karakter Generasi Bangsa

Kabarjagad, Mojokerto – Sesuai amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, bahwa Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

Hal tersebut disampaikan Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dalam sambutan arahannya dalam rangka membuka secara langsung Lomba Tingkat (LT) III Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Mojokerto tahun 2022, di lapangan Desa Sidowangi, Kecamatan Kutorejo, Sabtu (25/6) siang. 

Bupati Ikfina mengatakan, kepribadian mulia dan berkecakapan hidup adalah satu kalimat singkat yang bisa menggambarkan amanat UU Gerakan Pramuka tersebut. “Dua aspek fisik yang sudah semestinya diterapkan pada setiap pribadi bangsa Indonesia,” ujarnya. 

Ikfina menambahkan, sebagaimana diketahui, Gerakan Pramuka merupakan suatu sistem pendidikan nonformal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal. “Gerakan Pramuka adalah wahana penting untuk membentuk watak atau karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa. Gerakan Pramuka adalah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya,” tuturnya. 

Di organisasi Gerakan Pramuka ini, lanjutnya, kita dapat belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh dibangku sekolah, kita belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggung jawab dan belajar memimpin anggota yang lain. “Semuanya itu menempa kita untuk mandiri, berani, bertanggungjawab, berdisiplin dan terampil. Sehingga kita semua harus bangga menjadi anggota Pramuka,” jelasnya. 

Bupati Ikfina menyebut, era globalisasi dewasa ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama. “Untuk itulah, kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter, serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat,” bebernya. 

Bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan saja, Bupati Ikfina menambahkan, kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, hidup dalam kerukunan, kekompakan serta selalu bersatu dan menjunjung kesatuan dan persatuan juga menjadi konsentrasi pembentukan SDM.

Kegiatan Lomba Tingkat III Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Mojokerto ini diharapkan dapat mendidik adik-adik penggalang menjadi pramuka yang rajin, trampil dan gembira. “Kami berharap dengan adanya kegiatan LT III ini dapat membentuk pramuka yang sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,” tambahnya.

Melalui kegiatan LT III Tahun 2022 ini, di samping merupakan pelaksanaan program kerja pengurus Kwartir Cabang, juga merupakan salah satu bukti nyata tidak adanya perlakuan yang berbeda di antara gugus depan yang berpangkalan di SMP dan MTs baik negeri maupun swasta yang tersebar di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Mojokerto.

“Menggalakkan Gerakan Pramuka itu sangat penting, sebab akhir-akhir ini ada kecendrungan Pramuka kurang diminati oleh para pelajar, pemuda dan mahasiswa. Agar Gerakan Pramuka memiliki daya tarik sebagai kegiatan ekstra kurikuler, saya minta dilakukan upaya peningkatan kualitas pembinaan serta pembenahan organisasi dan manejemen, khususnya di Kabupaten Mojokerto,” kata Ikfina.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto ini juga meminta agar jajaran kepala sekolah dan madrasah di Kabupaten Mojokerto turut berperan mendukung pencapaian tujuan Gerakan Pramuka di sekolah. “Saya minta kepada kepala-kepala sekolah dan Madrasah di Kabupaten Mojokerto, mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga tingkat atas untuk turut berperan serta mendukung pencapaian tujuan Gerakan pramuka khususnya di sekolah,” mintanya. 

Bupati Ikfina juga meminta untuk seluruh elemen yang tergabung dalam Gerakan Pramuka untuk terus memupuk persaudaraan dan persahabatan. “Galang terus persaudaraan dan persahabatan diantara sesama gerakan Pramuka, jadikan ini sebagai modal bagi terciptanya kerukunan dan harmoni dalam kemajemukan bangsa melalui berbagai kegiatan yang berkesinambungan mulai dari tingkat gugus depan, tingkat ranting, tingkat cabang maupunn daerah dan nasional,” tandasnya. (Khl;Foto:Luq;Mki/Ar/Mar). 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below