Bupati Gresik Serahkan Sertifikat Untuk Balai Rukyat Condrodipo

KJ, Gresik – Balai Rukyat Condrodipo Gresik akhirnya memiliki sertifikat hak milik, setelah 20 tahun lamanya terkatung-katung tanpa memiliki sertifikat.

Kepastian ini didapat setelah penyerahan sertifikat pada peringatan Hari Santri Nasional di halaman kantor PCNU Gresik. Ini merupakan kado istimewa dari BPN Gresik kepada organisasi NU di momen Hari Santri Nasional.

Sertifikat tanah itu diserahterimakan secara simbolis oleh Kepala BPN Gresik, Asep Heri dan Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani kepada PCNU Gresik saat upacara peringatan Hari Santri Nasioanl yang digelar pada Sabtu (23/10/2021) pagi.

Asep Heri mengatakan, luas tanah balai rukyat hilal seluas 1.047 meter persegi tersebut sudah resmi milik Lembaga Falakiyah PCNU Gresik. Legalitas kepemilikan sah.

Selain itu, BPN juga menyerahkan 19 bidang sertifikasi tanah dengan pemegang hak NU yang tersebar di seluruh wilayah Gresik mulai dari masjid, lembaga pendidikan, musholla serta kantor MWC NU.

“Pada kesempatan ini, kami menyerahkan 19 sertifikat atas nama NU. Salah satunya hak milik Balai Rukyat Condrodipo. Sudah sangat lamanya belum selesai, karena ada kendala dan akhirnya kini memiliki sertifikat sebagai kepastian hukum hak atas tanah yang sah,” ucapnya.

Asep mengatakan, pihaknya terus menargetkan pada tahun 2023, seluruh peta bidang tanah milik pemerintah maupun organisasi sosial keagamaan seperti NU dan Muhammadiyah bisa bersertifikat.

“Kami juga serahkan sertifikat tanah ke Pemkab Gresik, yang akan digunakan untuk membangun kantor dinas. Sinergitas ini akan terus kami lakukan,” ujarnya.

Bupati Fandi Akhmad Yani ikut bangga atas terbitnya sertifikat tanah milik balai rukyat. Pencapaian yang bagus, Balai Rukyat Condrodipo ini menjadi salah satu tempat pemantauan bulan atau rukyatul hilal sebagai penentu awal Bulan Hijriyah, awal puasa Ramadan maupun Hari Raya Idul Fitri.

“Ini sebuah kewajiban yang mana fasilitator adalah pemerintah yang berperan kebijakan. Hari ini, aset balai rukyat kami serahkan dibantu oleh BPN. Mudah-mudahan legalitas yang jelas ini bermanfaat ke depan,” tuturnya.(hms/aj)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below