Desa Sooko Dinilai Transparan dalam Pembangunan

KJ, Ponorogo – Pemerintahan Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo dinilai telah melakukan transparansi dalam pengelolaan pembangunan. Pihak Pemdes menginformasikan Anggaran Pendapatan Belaja Desa ( APB Desa) dan realisasinya kepada masyarakat, melalui baliho yang terpasang di depan kantor desa setempat.

Sehingga semua masyarakat Desa Sooko dapat mengetahuinya dengan baik. Pihak pemdes juga bersedia menerima saran dan kritik untuk perbaikan pembangunan di desa itu.

Salah satu masyarakat mengatakan jika pemerintahan desa Sooko telah menunjukkan secara transparan rincian APB Desa dan penggunaanya secara rinci dan transparan. Masyarakat dapat melihat penggunaan keuangan desa untuk pembangunan selama satu tahun melalui baliho yang terpasang di depan kantor desa. “Menurut kami pihak desa sudah transparan,” ujarnya yang namanya tidak disebutkan.

Sementara itu, Kepala Desa Sooko, Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo Sudarto mengatakan, di era seperti sekarang ini diperlukan adanya transparansi dalam setiap program pembangunan. Hal ini akan memperlancar realisasinya karena mendapat dukungan dari masyarakat. Selain itu, setiap orang dapat mengetahui sehingga bisa memberikan masukan yang baik demi kemajuan pembangunan di desa.

” Kami selaku pemerintah desa berusaha semaksimal mungkin untuk membangun desa secara tranparan dan melibatkan masyarakat,” terang kades Sooko yang menjabat di periode kedua ini, Jumat 12 Juni 2020.

Foto Baliho Publikasi Realisasi Pembangunan Tahun 2019

Darto, begitu biasa akrap disapa, menambahkan, khusus untuk tahun ini, alokasi dana desa tidak semuanya diperuntukkan untuk pembangunan fisik, mengingat dana tersebut sebagian di gunakan untuk membantu penanggulangan dampak Covid -19, berupa BLT-DD. Hal ini juga penting dalam rangka menanggulangi dampak pandemic, utamanya bagi masyarakat yang tidak berpenghasilan karena terdampak oleh Covid 19.

”Untuk tahun ini mungkin belum bisa merealisasikan untuk pembangunan sepenuhha karena sebagian di gunakan untuk penanganan dampak Covid -19, Saya kira di desa lainya juga sama begitu,” lanjut Kades Sooko yang juga Ketua Paguyuban Kepala Desa se Kecamatan Sooko ini.

Sementara itu Camat Sooko Khusni MM mengucapkan terima kasih kepada desa-desa di wilayah Kecamatan Sooko yang telah mempublikasikan dengan baik. Dia berharap dapat membawa manfaat dan keberkahan bagi masyarakat Sooko. “Terima kasih semuanya semoga Sooko berkah, Aamiin,” ucapnya.(Agus Zahid)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below