Dialog Interaktif Bupati Dan Kapolres Jombang Bersama Influencer “Ayo Bareng Jogo Jombang”

KJ, Jombang – Berbagai upaya dilakukan Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab bersama Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho untuk memberikan rasa aman dan nyaman ditengah Pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur. Bupati dan Kapolres menjadi komando terdepan yang intens menyampaikan sosialisasi dan informasi melalui berbagai media sosial.

Salah satunya dengan siaran langsung melalui dialog interaktif Bupati Jombang dan Kapolres Jombang bersama Influencer “Ayo Bareng Jogo Jombang” yang diikuti kurang lebih 40 orang dengan penanggung Jawab Ahmad Bondan Sugiartara (Ketua panitia) di taman Pendopo Kabupaten, Jum’at (15/8/2020) malam.

Dalam sambutan panitia, Bondan Sugiantara menyampaikan bahwa, perkembangan dunia digital sangat cepat, maka mari kita jaga Jombang, menyikapi berita-berita hoax, harapan kedepan kami besama-sama dengan teman-teman berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Jombang Polres Jombang dan Jombang yang pertama kali melaksanakan kegiatan seperti ini, ujarnya.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Jombang sudah melakukan langkah preventif untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19. Pemerintah Kabupaten Jombang dan influencer dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat. Media harus dapat membedakan mana berita yang hoax dan benar. Kami memberikan hal yang terbaik untuk masyarakat. Kedepan kita bisa bekerja sama menuju Jombang yang berkarakter dan berdaya saing.

“Sesuai dengan instruksi bapak presiden, untuk meningkatkan disiplin masyarakat, influencer diharapakan dapat membantu menyampaikan ke masyarakat untuk lebih disiplin. Edaran Menteri PDDT terkait dengan bantuan pemberian masker kepada masyarakat. Jangan sampai menakut nakuti masyarakat. Harus patuh terhadap protokol kesehatan.

“Desa Plandaan masih putih malah ada masyarakat yang mengatakan covid jangan hilang agar tetap mendapatkan bantuan. Ini juga diberikan sosialisasi dan edukasi yaitu kita dalam kondisi seperti ini tetap harus disiplin dengan protokol kesehatan. Kita akan merubah Peraturan Bupati dengan Inpres nomor 6 tahun 2020 yang telah diterbitkan. Kami sedang menggodok PerBup ini untuk menindak masyarakat yang tidak disiplin. Kalau masyarakat disiplin maka kita akan cepat melaksanakan kegiatan-kegiatan semestinya. Bulan Agustus kita coba 2 sekolah untuk mulai masuk belajar, kalau bisa, maka September sekolah bisa masuk semua,” jelas Bupati Jombang.

Diakhir penyampaiannya, Bupati Jombang Hj. Mundjidah mengatakan bahwa, semua orang bisa tertular covid-19, semua orang bisa menulari, maka harus hati-hati. “Semoga warga masyarakat Kabupaten Jombang aman dan terhindar dari virus Covid-19, tidak perlu panik. Biasakan hidup sehat dengan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan ikhtiar doa. Kepada orang tua atau wali murid diharapkan aktif memperhatikan kegiatan belajar selama dilaksanakan di rumah.” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho, S.I.K., menyampaikan perkenalan kepada tamu undangan, Keberadaan influencer bila mendapat informasi yang belum jelas agar menanyakan kepada pihak yang berkaitan sehingga tidak menimbulkan keresahan dan kepanikan kepada warga masyarakat.

“Berkaitan dengan launching Covid-19, Polres Jombang mengajak teman-teman influencer, karena media sosial sangat cepat menyampaikan info ke masyarakat. Gunakan medsos secara cepat dan tepat. Berikan informasi yang baik, jangan ambil foto-foto yang dapat meresahkan masyarakat.

“Terdapat rumah pintar semeru sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik. Berkaitan dengan berita hoax silahkan ditanyakan ke polres terkait kriminal. Kita akan bekerjasama setelah Covid-19 selesai dapat kita laksanakan jambore netizen. Kita ada akun sendiri dari polres (Tribrata news). Banyak berita tentang pemerintah ada juga kampung tangguh, saya ucapkan terimakasah kepada influencer yang telah mengaploud kegiatan tersebut.

“Terkait dengan penggunaan masker, kita telah memberikan masker kepada masyarakat setiap sore di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang. Sudah 2  Minggu ini, pihak kami telah melaksanakan pembagian masker ke masyarakat dan menghimbau agar tetap menggunakan masker selama pandemi Covid-19 belum berakhir.

Kapolres Jombang yang intinya menerima kritik yang membangun, dan minta masukan kritikan dan inovasi yang membangun Polri kedepan. Etika dalam bermedsos akan kami sampaikan ke Polda untuk kedepan dapat ditindak lanjuti. Saat ini ada UU ITE harus ada pembelajaran dan wadah untuk edukasi. Gunakan medsos dengan baik Mari Jaga Jombang.” ucap Kapolres Jombang.

Selama kurang lebih dua jam, Bupati dan Kapolres menyampaikan informasi dan sosialisasi serta menjawab satu persatu pertanyaan dan tanggapan yang disampaikan oleh peserta dialog interaktif. Diakhiri dialog, penyerahan sertifikat kepada Intan dan Roni.

Dalam giat tersebut hadir pula, Kabag Sumda Polres Jombang Kompol Drs. Heru Nurhidayat, M.Si., Kasubag Humas, AKP Hariyono, S.H., Asisten 1 Drs. Anwar, MKP., Asisten 3, Hari Oetomo., Kadis Kominfo Budi Winarno., Hari Oet, undangan dari masyarakat yang tergabung dalam Influencer (pegiat media sosial).

Pewarta Kabarjagad Agus Situju Haerah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below