Gagasan Polda Jatim, Ponorogo Siap Sukseskan Kampung Tangguh

Lounching Kampung Tangguh di beberapa desa di Ponorogo. (Foto Agus Zahid)

KJ, Ponorogo Keberadaan Kampung Tangguh yang digagas oleh Polda Jatim dinilai sangat penting dan bermanfaat. Pasalnya, selain diharapkan dapat menghalau dari serangan Covid 19, kampung tangguh juga dapat menjadi motor atau penggerak terpeliharanya keamanan masyarakat, pertumbuhan dan kekuatan ekonomi , serta kelancaran kegiatan social politik dan keagamaan.

Karena itu, Bupati Ponorogo Drs H Ipong Muchlissoni sangat mendukung Program Kampung Tangguh di wilayahnya. Bahkan, orang nomor satu di Pemkab Ponorogo ini mengaku siap jika seluruh desa dan kelurahan di Ponorogo dijadikan sebagai Kampung Tanggung secara bertahap. “Untuk hari ini (Rabu 3 Juni,red) seluruh Desa di wilayah Kecamatan Kauman saya perintahkan untuk siap menjadi Kampung Tangguh,” ujar Bupati saat mendampingi Dirpamobvit Polda Jatim, Kombes Pol Asep Teddy, S.I.K., MM meninjau lounching Kampung Tangguh di 3 Desa/kelurahan Rabu 3 Juli 2020 kemarin.

Bupati Ponorogo mengatakan, jika dengan dibentuknya kampung tangguh, diharapkan desa tersebut bisa memiliki kemampuan secara mandiri. Selain itu, dapat beradaptasi saat menghadapi dan menanggulangi bencana seperti dampak dari pandemi covid-19 ini. Dengan demikian masyarakat diharapkan semakin mandiri dan taat pada protokol kesehatan untuk menyongsong New normal atau kehidupan yang baru ini.”Terima kasih kepada Polda yang telah menggagas Kampung Tangguh,” ucap Bupati Ipong.

Launching Kampung Tangguh Semeru Rabu kemarin, dilakukan di tiga lokasi yakni yang pertama Kelurahan Tonatan, Kecamatan Ponorogo, Desa Semanding, Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo, dan Desa Klewan Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Sedangkan Dirpamobvit Polda Jatim, Kombes Pol Asep Teddy, S.I.K., MM mengatakan, keberadaan kampong tangguh atau kampong yang” sakti mandra guna” selain dapat menangkal dan mengatasi berbagai masalah, salah satunya virus covid 19. Kampung Tanggung yang diinisiasikan oleh Polda Jatim ini juga dapat dijadikan penggerak atau motor utama dalam rangka menjaga keamanan di masyarakat, memelihara kesetabilan ekonomi, sosial, hukum, dan budaya di masyarakat. “Jadi kedepanya bisa dijadikan untuk itu, makanya ini perlu didukung semua pihak,” katanya.

Program tersebut sangat didukung oleh Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni beserta Ibu Hj Sri Wahyuni , Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo Sunarto Spd mewakili lembaga perwakilan rakyat, Wakil Bupati Ponorogo, Dr. Drs. H. Soedjarno, MM, Dandim 0802/ Ponorogo, Letkol Inf Sigit Sugiharto; Dansatpom AU Letkol M. Ichtiar, Kapolres Ponorogo, AKBP Mochamad Nur Azis, S.H., S.I.K., M.Si. Sekda Kab. Ponorogo, Dr. Drs. Agus Pramono, MM.(Agus Zahid)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below