Gelaran Upacara dan Tasyakuran HUT ke-43 Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang. (Ist)
Kabarjagad.id, Malang – Perumda Tirta Kanjuruhan menggelar upacara puncak Peringatan Hari Jadi ke-43 yang dipimpin langsung Bupati Malang Drs.H.M Sanusi, M.M., di Halaman Kantor Pusat Perumda Tirta Kanjuruhan Kecamatan Pakisaji, Selasa (4/6/2024) pagi.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Dr. Nurman Ramdansyah, S.H., M.Hum., Direktur Utama beserta Jajaran Direksi Perumda Tirta Kanjuruhan, Jajaran Dewan Pengawas, Camat dan Forkopimcam Pakisaji, Segenap Pegawai dan Keluarga Besar Perumda Tirta Kanjuruhan.
Dalam sambutannya, Bupati Malang Drs.H.M Sanusi, M.M., menyampaikan apresiasinya kepada Perumda Tirta Kanjuruhan selama 43 tahun ini telah banyak mengukir berbagai prestasi, dan terus menunjukkan dedikasi dan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang melalui penyediaan air bersih yang berkualitas.
“Alhamdulillah, di usia yang ke-43 tahun ini, Perumda Tirta Kanjuruhan telah berhasil mempertahankan peringkat 3 besar pada kategori Kinerja BUMD Air Minum Terbaik Tingkat Nasional selama 4 (empat) tahun berturut-turut. Pencapaian ini tentunya perlu dipertahankan melalui perbaikan tata kelola, peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), serta menjaga kualitas, kuantitas, kontinuitas, juga keterjangkauan tarif oleh masyarakat,” ungkapnya.
Selain itu, Bupati Sanusi juga mendorong Perumda Tirta Kanjuruhan bahwa di tengah dinamika kemajuan teknologi, harus terus berupaya untuk melakukan inovasi dan perbaikan dalam sistem penyediaan air minum. Di dalamnya termasuk penerapan teknologi yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Upaya dalam menjaga keberlanjutan lingkungan tersebut, agar dapatnya dilaksanakan dengan praktik pengelolaan yang bertanggung jawab terhadap kelestarian Sumber Daya Alam.
“Bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Malang, saya mendorong agar Perumda Tirta Kanjuruhan terus memegang teguh komitmen dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Kepuasan pelanggan harus menjadi prioritas utama.Dengan memberikan pelayanan terbaik, kita dapat membangun kepercayaan masyarakat dan meningkatkan kualitas perusahaan,” ucap Bupati Malang.
Seusai kegiatan, Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan Malang, H. Syamsul Hadi mengatakan bahwa tepat menginjak HUT Perumda Tirta Kanjuruhan Malang ke-43 tahun kali ini mengambil tema “Kolaborasi dan Integrasi untuk pelayanan berkualitas”.
“Kami selalu melaksanakan kerjasama perintah sektoral, baik dinas vertikal maupun jajaran horizontal dan membangun kerjasama lebih dengan perbankan untuk mempermudah daripada layanan kepada pelanggan. Jadi sekarang kita sudah punya kerjasama aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh semua masyarakat Kabupaten Malang,” ucapnya.
Menurut Dirut Syamsul, dalam pelayanan Perumda Tirta Kanjuruhan mempunyai website secara online yang sudah bisa diakses, ini bertujuan untuk membangun komunikasi dan berkolaborasi dengan dinas terkait untuk mempermudah layanan kepada masyarakat.
“layanan-layanan Perumda Tirta Kanjuruhan sudah bisa diakses melalui website secara online. Termasuk halnya pengaduan, sudah kami siapkan semua, sehingga dengan adanya kerjasama ini pelayanan kepada masyarakat bisa dipercepat dan dipermudah untuk layanan sendiri. Sehingga keluhan yang menjadi persoalan daripada masyarakat pelanggan itu bisa segera diatasi,” tandas Dirut Syamsul.
Dalam peringatan HUT ke-43 Perumda Tirta Kanjuruhan juga memberikan penghargaan kepada sejumlah pelanggan setia Perumda Tirta Kanjuruhan. Setelah upacara usai, acara dilanjutkan dengan tasyakuran HUT ke-43 Perumda Tirta Kanjuruhan. (Fur)