Jalan Diperbaiki, Warga Desa Guranganyar – Cerme Senang

Kabarjagad.id, Gresik – Untuk memperlancar akses masyarakat guna menunjang perekonomian dan kebersihan serta penataan lingkungan diwilayah, Pemerintah Desa Guranganyar, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, membangun infrastruktur pavingisasi di setiap gang Desa yang bersumber dari Anggaran Bantuan Keuangan (BK) tahun 2022 senilai 100.000.000 (seratus juta rupiah) dengan total panjang keseluruhan 123 meter dan lebar 4,2 meter.

Suriadi Kepala Desa Guranganyar menjelaskan, pembangunan jalan pavingisasi poros Desa ini dikerjakan secara bertahap  bertujuan agar mempermudah akses jalan warga untuk pertanian dan memperlancar aktivitas warga lainnya. Setelah akses jalannya membaik, maka aktivitas warga pun menjadi lancar. Sebab akses jalan menjadi faktor penting dalam mendistribusikan hasil pertanian yang menjadi sumber mata pencaharian warga masyarakat di Desa Guranganyar.

“Dengan diperbaikinya jalan poros  Desa wilayah RT 01 RW 01 manfaat untuk masyarakat yang jelas banyak sekali, dari mulai membawa pupuk ke sawah membawa hasil panen ke rumah saat ini sangat mudah, yang dulu biasanya cuma dipikul atau disunggi sekarang bisa dinaikkan sepeda motor, kalau dulu jangankan sepeda motor, sepeda ontel saja tidak bisa karena jalannya sangat jelek dan becek,” tuturnya, Senin (3/09/2022).

Karena segala aktivitas masyarakat lanjut Kades, dalam sektor ekonomi itu tentu membutuhkan infrastruktur yang memadai, salah satunya yaitu akses jalan. Keberadaan jalan gang Desa dan lingkungan yang layak tentu akan membawa dampak pada kelancaran transportasi dan perekonomian, khususnya warga Desa Guranganyar dan masyarakat Desa lain umumnya.

“Dulu Desa Guranganyar ini termasuk Desa yang kumuh dan kotor, tapi sekarang sudah mulai bersih dan tertata. Paling tidak dengan diperbaikinya jalan poros di Desa, segala macam kegiatan warga bisa melewati jalan yang layak,” ucapnya.

Kades Guranganyar menambahkan, untuk pembangunan jalan gang Desa meliputi Dusun dalean, Dusun gurang kulon, dan Dusun gurang wetan, pengerjaannya dilaksanakan secara bertahap setiap tahunnya.

Katemo salah satu warga Dusun Dalean Desa Guranganyar merasa nyaman dengan adanya pembangunan pavingisasi  Desa yang ada dilingkungannya, ia menceritakan dulu sebelum diperbaiki jalanan disamping dan belakang rumahnya sangat becek.

“Sekarang sudah bagus dan lebih nyaman kalau nongkrong disamping rumah, kalau mau main ke tetangga belakang gang juga sudah tidak malas,” tuturnya

Selain katemo, Giatno warga Desa setempat juga sangat bersyukur dengan diperbaikinya jalan poros Desa. Karena menurutnya jalan gang sering dilewati oleh warga untuk yasinan, tahlilan, takziah, anak anak mengaji bahkan sering kali dipakai jalan alternatif untuk aktivitas lainnya.

“Selain untuk aktivitas warga pulang pergi kesawah, jalan gang Desa ini bermanfaat disaat ada orang punya hajatan dan jalan poros Desa nya di tutup, masyarakat bisa melewati jalan di gang gang dengan nyaman, karena hampir seluruh jalan gang di Desa Guranganyar ini sudah dipaving,“ pungkasnya. (aj) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below