Kabupaten Gresik Raih Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat 2021

KJ, Gresik – Kabupaten Gresik terus menunjukkan eksistensinya di kancah nasional. Hal ini, ditandai dengan diraihnya penghargaan di bidang kesehatan terkait Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Penghargaan STBM Awards 2021 ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas keberhasilan daerah dalam mengubah perilaku hidup bersih dan sehat serta kemampuan dalam melahirkan inovasi – inovasi baru berbasis 5 pilar STBM diantaranya : stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah, dan pengelolaan limbah rumah tangga.

Kabupaten Gresik menjadi salah satu kabupaten/kota terbaik, dengan berhasil meraih penghargaan STBM Awards 2021 berkelanjutan 5 pilar kategori Pemenuhan Kebutuhan Sanitasi (Supply Creation). Pemberian penghargaan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia ini dilaksanakan secara daring dan bertepatan dengan peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia yang jatuh pada 15 Oktober. Tampak hadir mengikuti pemberian penghargaan, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Ketua Tim Penggerak PKK Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman, serta Plt Kepala Dinas Kesehatan Gresik Dr. Mukhibatul Khusnah beserta jajaran.

Dengan diraihnya penghargaan tingkat nasional ini, maka komitmen Kabupaten Gresik dalam melaksanakan sanitasi total berbasis masyarakat 5 pilar STBM membuahkan hasil dan diakui secara nasional.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik Dr. Mukhibatul Khusnah, dalam keterangannya menjelaskan bahwa penghargaan ini semakin meneguhkan komitmen Pemerintah Kabupaten Gresik untuk bersama – sama melaksanakan sanitasi total berbasis masyarakat 5 pilar. Ia menambahkan bahwa ada atau tidak penghargaan, pelaksanaan sanitasi total berbasis masyarakat akan terus dilakukan demi kesehatan masyarakat.

Penghargaan STBM 2021 ini sejatinya merupakan peningkatan dari penghargaan sebelumnya, yang mana Kabupaten Gresik mendapatkan penghargaan Kabupaten Open Defaction Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan. Dengan peningkatan ini, Mukhibatul Khusnah mengharapkan masyarakat untuk terus menjaga pola hidup sehat dan bersih. “Mari kita bersama – sama terus menjaga hidup bersih dengan sanitasi total berbasis masyarakat yang didalamnya terdapat 5 pilar, sehingga masyarakat Gresik memiliki kualitas hidup yang baik dan terwujud Gresik baru yang sehat. (hms/aj)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below