Ketua Tim PKK Resmikan 5 Desa Percontohan Peduli Stunting

KJ, Lamongan – Ketua Tim Penggerak PKK, Anis Yuhronur, bersama Bupati Yuhronur Efendi meresmikan lima desa peduli stunting sebagai proyek percontohan dalam Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap, dan Tangguh, Selasa (19/10/2021) di Pendopo Kecamatan Sukodadi. Lima desa itu terdiri dari Desa Deket, Nguwok, Jatidrojog, Karangwunglor, dan Banjarejo.

Anis Yuhronur menjelaskan bahwa proyek percontohan gerakan tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan yang digagas oleh PKK pusat dan provinsi. “Pilot project Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap, dan Tangguh bencana merupakan sebuah gagasan PKK pusat dan provinsi untuk menumbuhkan kesadaran yang melibatkan keluarga dan masyarakat secara langsung serta membina masyarakat agar mampu menolong dirinya sendiri serta tanggap dan tangguh menghadapi berbagai tantangan,” katanya dalam sambutan.

Selain itu, Ia menerangkan bahwa tak hanya pokja peduli stunting, Tim PKK juga telah menyiapkan tiga pokja lainnya, yakni peduli lingkungan, peduli ibu, dan anak serta peduli hidup bersih dan sehat.

Kemudian, Bupati Yuhronur yang hadir sekaligus meresmikan lima desa percontohan tersebut berharap dengan proyek peduli stunting ini desa lainnya dapat mencontohnya.

“Penurunan stunting tidak bisa dilakukan sendiri. Perlu kolaborasi seluruh elemen masyarakat. Saya yakin dengan pilot project ini dapat menjadi model yang dapat ditiru oleh semua desa-desa di Lamongan,” katanya.

Bupati yang akrab disapa Pak Yes tersebut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Lamongan salah satunya Home Care Service.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Lamongan, dr. Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa penetapan lima desa tersebut dipilih atas dasar potensi yang dimiliknya lebih baik dibanding desa lain.(hms/aj)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below