Wali Kota Batu Nurochman saat sambutan dalam Rakor Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Graha Pancasila Balaikota Among Tani Kota Batu. (Ist)
Kabarjagad, Kota Batu — Pemerintah Kota Batu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Rabu (10/9/2025). Mengangkat tema “Pelayanan Publik yang Transparan dan Akuntabel Demi Terwujudnya Tata Pemerintahan yang Baik (Good Governance)”, rakor ini menjadi ajang bagi Wali Kota Batu, Nurochman, untuk mengingatkan kembali esensi tugas aparatur negara.
Dalam sambutannya, Wali Kota Nurochman menegaskan bahwa pelayanan publik adalah kewajiban yang harus dipegang teguh oleh seluruh jajaran pemerintah. Ia menekankan, tugas utama aparatur adalah melayani, bukan untuk dilayani.
“Ada tiga hal penting, yaitu penyelenggaraan, pelayanan, dan publik. Kita sebagai penyelenggara harus sadar bahwa publik adalah pengawas yang paling konkret. Mereka bisa menilai apakah pelayanan pemerintah sudah baik atau belum. Karena itu, kita harus berani melakukan evaluasi dan terus meningkatkan kualitas pelayanan agar sesuai dengan harapan masyarakat,” tegasnya.
Lebih lanjut, Nurochman menyoroti pentingnya transparansi di era digital saat ini. Ia meminta seluruh perangkat daerah untuk tidak hanya berorientasi pada kegiatan seremonial, tetapi benar-benar fokus pada substansi pelayanan yang memberikan dampak nyata bagi masyarakat.
Sementara itu, Kepala Bagian Hukum Setda Kota Batu, RR. Maria Inge, melaporkan bahwa Kota Batu terus berupaya menyempurnakan layanan publik. Meskipun masih menghadapi tantangan, terutama dalam layanan tatap muka, rakor ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk mewujudkan sinergi seluruh pihak terkait demi terwujudnya good governance di Kota Batu.
Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Akademisi dan Praktisi Hukum Tata Negara Jawa Timur, Dr. Himawan Esty Bagiji, Asisten Perwakilan Ombudsman Jawa Timur, serta para Kepala SKPD di lingkungan Pemkot Batu. (fr)