Pak Basir Perajin Krupuk Bawang Ngemplak

Kabarjagad, Bojonegoro – Meski harga minyak goreng melangit. Namun tak menyururkan semngat pak.Basir, perajin krupuk bawang asal Desa Ngemplak, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro dalam.usahanya.

Usaha krupuk bawang buatan pak Basir, 50 tahun ini sudah ditekuni sejak 2 tahun lalu. Dan beruntung dia juga memperoleh minyak goreng harga subsidi sebanyak 2 kg per hari 

Dengan tekun setiap hari, sejak pagi sudah memproses adonan bahan krupuk bawang, mengiris lalu menjemur.

Sembari menggunakan pisau, mengiris tipis bahan mentah krupuk yang sudah diolahnya pak Basir bercerita setiap harinya memproduksi krupuk bawang sebanyak 6 kg adonan berbahan tepung dan bawang. 

“Per hari hanya mampu membuat krupuk sebanyak 6 kg. Dan keuntungannya ya lumayan sampai Rp100 ribu  hingga Rp120 ribu per hari,” tuturnya 

Dari proses mengolah bahan krupuk itu dia hanya menggunakan  peralatan manual. Bahkan setelah di iris tipis kemudian di jemur  di tengah terik matahari . 

“Kelemahannya krupuk kalau proses manual begini ya kalau cuacanya mendung dan hujan. Kalau cuaca cerah jemuran krupuk akan kering dan siap digoreng,” ujarnya. 

Usaha krupuk bawang yang ditekuni pak.Basir memang tergolong usaha rumahan kecil dan tradisional. Bahkan pemasaraannya pun dilakukan sendiri di beberapa warung di sekitar desanya dan jika ada pesanan 

Sedangkan harga krupuk bawang buatan pak Basir ini relatif murah, Rp1000 per bungkus. “Kalau harga krupuk yang pesanan itu seharga Rp1500 hingga Rp2500 per bungkus. Harganya berbeda karene menyesuaikan ukuran,” jelasny, pada Rabu (22/06/2022).

Pak Basir memang pantang menyerah dengan kondisi produksinya yang masih minim. Namun begitu dia berharap produksinya bisa meningkat.

Menurut pak Basir yang juga ketua RT 21 di Desa Ngemplak, kendala yang dihadapi saat ini meski harga minyak goreng melangit,  pemasarannya juga perlu dikembangkan.

Selain itu Basir juga berharap adanya bantuan peralatan produksi krupuk dari pihak terkait di Kabupaten Bojonegoro. Sehingga selain mampu mengembangkan pemasaran juga mampu meningkatkan jumlah produksi dan pasar. 

“Di samping itu tentunya dapat menciptakan peluang pekerjaan bagi warga di sekitar sini,” imbuhnya.(im)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below