Pastikan Bebas Narkoba, Kalapas Jombang Ikut Tes Urine

KJ, Jombang – Kementerian Hukum dan Ham menggelar Tes Urine di Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Kabupaten Jombang Jawa Timur yang dipimpin langsung Kalapas Slamet Budiono, Bc.I.P.,S.Sos, pada Selasa (9/6/2020) pagi.

Kalapas kelas II B Jombang didampingi Kepala Puskesmas Jelakombo dan KBO Resnarkoba Polres Jombang dalam wawancaranya mengatakan, Kegiatan ini merupakan bagian dari kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah untuk perang melawan narkoba, ujar Slamet Budiono.

Cek urine tersebut melibatkan petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dan Satuan Reserse Narkoba Polres Jombang yang sasarannya dikhususkan kepada 82 Sipir kelas II B Jombang. Jadi seandainya ada yang positif narkoba, maka kami akan melakukan pembinaan terlebih dahulu, selebihnya ketika masih melanggar maka kami akan proses lebih lanjut, tuturnya.

Masih Kalapas. Tes Urine ini dilakukan sebagai langkah pencegahan ataupun peringatan untuk mengetahui sejauh mana tingkat sterilisasi pegawai dilingkungan Kementerian Hukum dan Ham, terlebih di Lapas kelas II B Jombang ini. Tingkat sterilisasi berlaku pada semua sistem, baik kegiatan penggunaan narkoba maupun peredaran narkoba. Tes Urine akan terus dilakukan secara berkelanjutan guna mengantisipasi peredaran didalam Rutan, ungkap Kalapas Jombang Slamet Budiono, I.P.

Ditempat terpisah, Kepala Puskesmas Jelakombo Jombang, Dr. Puspitasari Pantjawardani mengatakan, Tenaga Medis yang dilibatkan adalah dari Puskesmas Jelakombo karena masuk wilayah kerja dan mewakili Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. Tidak hanya Tes Urine, jadi apapun yang terkait pemeriksaan kesehatan disitu wilayah kerjanya Puskesmas Jelakombo sebagai perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, tandasnya.

Sementara itu, KBO Resnarkoba Polres Jombang Iptu Pranan Edi, S.H., mewakili Kasat Resnarkoba AKP Moch. Mukid, S.H, menambahkan, kegiatan ini merupakan pencegahan penggunaan narkoba bagi petugas Lapas yang ada di kelas II B Jombang. Kami juga mengapresiasi Kalapas pak Slamet Budiono, karena masih terus bersinergi melakukan upaya pemberantasan narkoba di wilayah hukum Polres Jombang, ucapnya.

“Untuk sementara hasilnya belum kita ketahui, sampel urine sedang diperiksa pihak Puskesmas Jelakombo Jombang termasuk Kalapas, pungkas KBO Narkoba Iptu Pranan Edi.

Pewarta Kabarjagad Agus Situju Haerah

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below