Pemkab Tuban Raih Penghargaan Tingkat Nasional Bidang Kehumasan Di Ajang AMH 2022

Kabarjagad.id, Tuban – Pemkab Tuban berhasil meraih Terbaik 3 tingkat Nasional kategori Website pada Anugerah Media Humas (AMH) 2022 yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Kamis (24/11/2022) di Yogyakarta Marriott Hotel. Tidak hanya itu, Pemkab Tuban juga masuk dalam 6 besar Nasional pada kategori Media Sosial di ajang yang dihelat setiap tahunnya.

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Tuban, Arif Handoyo, SH., MH. Hadir pada kegiatan ini, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johny G. Plate bersama jajaran Kemenkominfo RI.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo RI, Usman Kansong, mengungkapkan ajang ini wujud penghargaan dan apresiasi atas prestasi karya humas pemerintah.Juga menjadi wahana peningkatan kualitas kinerja kehumasan pemerintah. “Semoga penghargaan Anugerah Media Humas dapat meningkatkan kapasitas dan efektivitas kehumasan yang baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Humas pada pemerintahan merupakan kepanjangan tangan pemerintah untuk mengkomunikasikan berbagai informasi kebijakan, aturan, dan program-program yang ditetapkan. Tujuannya, mengedukasi masyarakat agar turut berkontribusi terhadap program pembangunan dan kebijakan.

Usman Kansong mengatakan Kompetisi Anugerah Media Humas 2022 melibatkan humas kementerian, lembaga, BUMN, BUMD, perguruan tinggi negeri, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota. “Proses penilaian dilakukan selama kurang lebih dua bulan terakhir,” paparnya.

Adapun penilaian kategori Website terdiri dari desain (estetika, navigasi kemudahan, responsif), informasi yang kontekstual dan faktual, report analytic, transparansi dan akuntabilitas keuangan instansi. Sedangkan, penilaian kategori Media Sosial mencakup kreativitas, engagement rate, reach and impression, follower, dan fan page growth.

Sementara itu, Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Tuban, Arif Handoyo menjelaskan capaian ini adalah hasil kerja seluruh jajaran kehumasan Pemkab Tuban dan kolaborasi seluruh OPD Kabupaten Tuban. “Serta bimbingan dan arahan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE.,” tuturnya.

Masih menurut Arif Handoyo, Humas Pemerintah berperan meningkatkan citra pemerintah daerah, juga penghubung antara publik dengan pemerintahnya dalam menyampaikan informasi terkait kebijakan maupun program pembangunan. “Pemkab Tuban menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang memberi masukan dan berpartisipasi dalam setiap produk komunikasi Pemerintah,” imbuhnya.

Mantan Kabag Hukum Setda Tuban ini menambahkan Pemkab Tuban selalu terbuka untuk kolaborasi dengan semua OPD kaitannya demi kemajuan Kabupaten Tuban. Hal tersebut sesuai dengan arahan Bupati Tuban yang mengedepankan prinsip Kolaborasi, Inovasi, dan Berkarya.

“Kami terus berupaya berinovasi, meningkatkan kualitas dalam memberikan informasi yang jelas, bermanfaat dan berdampak baik bagi publik melalui media komunikasi yang dikelola Pemkab Tuban, dalam hal ini Diskominfo-SP Tuban,” jelasnya. (Irul/Agus)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below