Peringati Hari Pohon Sedunia, DLHP Ajak Masyarakat Hargai Pentingnya Keberadaan Pohon

Kabarjagad.id, Tuban – Pada 21 November setiap tahun selalu diperingati dengan Hari Pohon Sedunia. Dalam rangka peringatan itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Tuban bersama stakeholder terkait ajak aksi cabut paku di pohon.

Kegiatan yang terpusat di bundaran Taman Sleko itu diikuti sedikitnya 600 peserta dari unsur Satpol PP, personel Polres dan TNI serta ratusan pelajar dari tingkat SLTA di Kabupaten Tuban.

Kepala DLHP Kabupaten Tuban, Bambang Irawan dalam keterangannya menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan spontan bersama kepolisian, DLHP, Satpol PP dan Disbudporapar dalam rangka gerakan cabut paku di pohon, ini dalam rangka Hari Pohon Sedunia 2022.

“Diharapkan adanya kegiatan ini terjadi perubahan perilaku terhadap pohon yang ditanam maupun adanya penanaman pohon baru,” pintanya, Senin (21/11).

Menurut Bambang, banyak pohon yang sudah ditanam namun pemeliharaannya masih kurang, sehingga gambaran dari aksi ini biar masyarakat tahu betapa penting keberadaan pohon untuk kehidupan manusia di dunia ini.

“Tidak serta merta ketika pohon ditanam terus dibiarkan atau ketika tumbuh dilukai, dicederai dan sebagainya (dipaku),” timpalnya.

Adapun prioritas aksi cabut paku itu, pihaknya memprioritaskan pohon-pohon kawasan kota. Personel yang terlibat sudah dibagi titik-titiknya agar bisa merata.

Diakuinya, sejauh ini pohon yang tertancap paku di kawasan kota sangat banyak kalau melihat kondisinya. Seperti pemasangan reklame itu juga mencederai pohon-pohon yang ada di sini.

“Makanya kemarin ada reklame dari perusahaan atau partai politik itu kita harapkan tidak serta merta menempelkannya di pohon, silakan disandarkan tapi jangan melukai pohon,” pinta Bambang.

Dipastikan oleh dia, petugas sebenarnya telah mengingatkan berkali-kali, namun faktor kesadaran manusianya yang paling pokok. Pengetahuan itulah yang harus dimiliki masyarakat Kabupaten Tuban, utamanya yang berkepentingan.

“Harapannya minimal kegiatan ini setahun sekali pas Hari Pohon Sedunia, itu minimal,” terangnya.

Adapun poin penting yang disampaikan oleh dia pada momen tahun ini adalah bagaimana Hari Pohon Sedunia ini bisa merefleksikan dan introspeksi diri bahwa keberadaan pohon sekitar kita itu sangatlah penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup.

“Pohon yang ada itu wajib dipangkas atau dipelihara, karena kalau tidak dipelihara akan rusak dan membahayakan,” pungkasnya. (Irl)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below