Ponorogo Akan Terapkan Uji Coba New Normal 2 Juni 2020 Mendatang

Foto Kantor Pemerintahan Kabupaten Ponorogo Jawa Timur (Foto DOK)

KJ, Ponorogo – Pemerintah akan segera menerapkan regulasi tatanan normal baru atau new normal ditengah pandemi covid 19. Pemerintah Kabupaten Ponorogo akan melakukan uji coba penerapanya pada 2 Juni 2020 mendatang. Kebijakan itu diterapkan sebagai upaya mempercepat penanggulangan covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial ekonomi. Sejumlah titik telah dipilih dalam uji coba ini, meliputi jalan-jalan protocol, tempat pariwisata, mall dan lain-lain.

“Sudah muncul kebijakan untuk melakukan uji coba new normal pada Selasa 2 Juni mendatang. Nantinya akan ada percontohan lokasi-lokasi pelaksanaan new normal di Ponorogo yang sudah disesuaikan dengan kearifan lokal,” jelas Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Ponorogo yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Ponorogo Agus Pramono, Jumat (29/5/2020). Kemarin.

Menurutnya, Jalan HOS Cokroaminoto akan menjadi salah satu ruas jalan untuk uji coba new normal. Hal ini didasarkan pada Surat edaran Bupati Ponorogo nomor 713/ 1477/405.01.3/2020 tertanggal 29 Mei 2020, tentang Uji Coba Pelaksanaan “New Normal” (Tatanan Normal Baru) di Kabupaten Ponorogo.

Sekda Agus menjelaskan, new normal adalah kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial, dan kegiatan publik secara terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Protokol tersebut antara lain mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker seluruh masyarakat, dan menerapkan secara disiplin menjaga jarak aman dari penularan covid-19 atau physical distancing” jelasnya.

Kemudian tempat lainya yang menjadi salah satu titik uji coba new normal sektor pariwisata adalah Telaga Ngebel. Sedangkan untuk perkantoran, uji coba new normal akan diterapkan pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Kecamatan Kota Ponorogo. “Untuk pusat perbelanjaan dipilih Ponorogo Permai dan Ponorogo City Center,” lanjut Sekda

Sedangkan ruas jalan untuk uji coba new normal antara lain Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Soekarno Hatta, Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Gadjah Mada dan Jalan Suromenggolo alias Jalan Baru.” Ponorogo City Center menjadi salah satu titik uji coba new normal sektor pusat perbelanjaan,” terangnya lagi.

Agus menghimbau kepada para pelaku usaha untuk menyediakan tempat cuci tangan dan handsanitizer. Sekda meminta kepada semua pihak untuk mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan.
“Nantinya di titik uji coba akan dilakukan pengawasan dan pemantauan langsung oleh para personel TNI, Polri dan Satpol PP dibantu Dishub BPBD dan semua pihak terkait. Saya ajak semua pihak untuk bahu membahu, berjuang melawan covid-19,” himbaunya.

Sebelumnya Bupati Ponorogo Drs H Ipong Muchlissoni menilai jika Ponorogo cukup siap melaksanakan new normal di tengah pandemi covid-19 saat ini. Bupati meyakini masyarakat Ponorogo sudah bisa melakukan berbagai cara hidup baru, berupa protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona ini.
“Saya yakin warga kita cukup siap dengan new normal ini. Mereka sudah siap mengubah,” terang Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni.

Menurut Bupati Ipong, new normal adalah sebuah pilihan yang lebih bisa dipilih daripada menjalani pola hidup seperti saat ini.
New normal merupakan sebuah keadaan yang kembali normal seperti semula. Namun, normal ini diiringi cara dan gaya hidup yang baru. Cara dan gaya hidup tersebut mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona. Yaitu dengan rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker dan menjaga jarak aman dari penularan serta melakukan pola hidup bersih dan sehat yang lainnya.

“Sekarang pilih mana, hidup terkurung (melakukan semuanya dari rumah, serba terbatas) atau hidup secara normal tapi dengan syarat-syarat dan kebiasaan yang harus kita ubah sesuai protokol kesehatan?. Rajin cuci tangan jaga jarak. Kebiasaan cipika cipiki atau salaman cium tangan harus dikurangi atau dihentikan sampai pandemi ini hilang dari muka bumi,” pungkas Bupati Ipong. (Agus Zahid/Kominfo)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below