Sholat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban di Balaikota Among Tani Kota Batu

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat memberikan belati kepada Kepala Dinas PUPR Alfi Nurhidayat sebagai penyembelih hewan kurban. Dan sejumlah hewan sapi kurban di Balaikota Among Tani Kota Batu. (Ist)

Kabarjagad.id, Kota Batu – Umat Islam di Kota Batu melaksanakan sholat Idul Adha di halaman Balaikota Among Tani Kota Batu, Senin (17/6/2024). Dimulai pada pukul 06.30 WIB, pelaksanaan sholat id berjalan khusyuk dan khidmat. Bertindak sebagai imam sholat id adalah Ustadz Adam Wibisono, Imam Masjid Brigjen Soegiyono.

Pengasuh Pondok Pesantren Subbanul Ummah yang juga merupakan Ketua MUI Bluluk Lamongan yakni Gus Zaenal Abidin, bertindak sebagai khotib. Dalam khotbahnya, Gus Zaenal menyampaikan tentang pentingnya keimanan kepada Allah serta tentang keteladanan Nabi Ibrahim dalam beriman. Dimana kisahnya telah diabadikan oleh Allah di dalam Al-Quran, tepatnya di Surah As-Saffat Ayat 101–110. Surah ini menceritakan sosok Nabi Ibrahim a.s. yang diperintahkan Allah untuk menyembelih anaknya yaitu Nabi Ismail a.s. yang sampai saat ini kisahnya dikenal dengan prosesi kurban.

Selain itu, Gus Zaenal juga menyampaikan bahwa Idul Adha adalah momen terbaik untuk menjalin silaturahmi, memperkuat kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama, serta saling menyayangi. “Dengan Idul Adha, diharapkan semangat toleransi dan kepedulian sosial di Kota Batu semakin tumbuh dan kuat,” ujar Gus Zaenal.

Sementara itu, setelah sholat Idul Adha ditunaikan, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban di sekitar area Masjid Brigjen Soegiyono. “Dengan Idul Adha, semakin membangkitkan semangat untuk bertoleransi dan memikirkan masyarakat kita yang membutuhkan. Kepedulian bersama sangat penting, tidak ada yang boleh sengsara, semua bagian dari persaudaraan yang harus kita bentuk,” kata Aries Agung Paewai, Pj. Wali Kota Batu.

Dalam acara yang dihadiri oleh perwakilan takmir dari beberapa masjid di Kota Batu ini, ada sebanyak 13 ekor sapi dan 5 ekor kambing kurban. Berikut adalah rincian penyerahan hewan kurban:

1. Pj. Wali Kota Batu menyerahkan 1 ekor sapi kepada Takmir Masjid Brigjen Soegiyono.
2. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menyerahkan 1 ekor sapi kepada Takmir Masjid Agung An Nuur Kota Batu, dan 1 ekor sapi serta 2 ekor kambing kepada Takmir Masjid Brigjen Soegiyono.
3. Sekretaris Daerah menyerahkan 1 ekor sapi kepada Takmir Masjid Nurul Huda, Jln. Diran Kota Batu.
4. Bapak Zadim Effisiensi menyerahkan 1 ekor sapi kepada Takmir Masjid Brigjen Soegiyono.
5. Dinas Pertanian menyerahkan 1 ekor sapi kepada Takmir Masjid Brigjen Soegiyono.
6. Kepala OPD menyerahkan beberapa ekor sapi kepada sejumlah masjid di Kota Batu, diantaranya Masjid Ashabul Kahfi, Masjid Shirotul Jannah, Masjid Al-Hikmah, dan Masjid Asy-Syafi’iyyah.
7. Kabag Kesra menyerahkan 3 ekor kambing kepada Takmir Masjid Brigjen Soegiyono.

Sebagai bentuk apresiasi, dalam acara ini diserahkan pula sejumlah bingkisan untuk para penyembelih hewan kurban. (Fur)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below