Wujudkan Pilkades Demokratis dan Sehat, Lamongan Kerahkan Personel Keamanan

Kabarjagad, Lamongan – Tinggal menghitung hari, pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2022 wilayah Kabupaten Lamongan akan dilaksanakan. Demi mewujudkan Pilkades yang demokratis dan sehat melalui Polres Lamongan, Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar apel pergeseran pasukan, Sabtu (25/6/2022) di Alun-Alun Lamongan. Pergeseran pasukan akan dilakukan dalam rangka untuk pengecekan kesiapan personel keamanan, pengamanan tempat, pengecekan sarana prasarana tempat pemungutan suara (TPS) Pilkades 2022.

Bertindak sebagai Pembina apel, Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf menuturkan bahwasanya dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dalam kegiatan ini diperlukan sinergitas dari semua elemen yang ada di Lamongan.

“Dalam rangka mewujudkan kondusifitas kamtibmas di wilayah Lamongan memang bukan hal yang mudah, dan tentunya tidak bisa kita bebankan pada Polres saja.  Maka dari itu kita lakukan sinergitas yang proaktif dengan Pemkab tentunya, TNI, instansi terkait, dan masyarakat agar menciptakan Pilkades yang optimal,” tutur Wakil Bupati yang akrab disapa Pak Bro.

Pergeseran pasukan akan dilaksanakan sejak sekarang atau H-1 pemungutan suara sampai H+1 pemungutan suara dengan melibatkan 408 personel Polres Lamongan, 130 personel BKO SAT Brimob Polda Jatim, 183 personil Kodim 0812, 30 personil siaga on call, 183 personel Satpol PP, serta 122 personel Linmas.

“Dalam mewujudkan pemungutan suara yang demokratis dan sehat pada 26 Juni esok, kami telah menyiapkan personel yang akan kita kerahkan, sehingga dengan kehadiran mereka akan menjadikan keadaan aman dan kondusif. Bersama personel kita juga akan melakukan patroli untuk menghindari hal-hal yang rawan,” terang Pak Bro.

Seluruh personel yang telah diamanatkan tugas serta kewajiban diharapkan untuk selalu mematuhi pedoman meliputi menyiapkan mental dan fisik, serta patuhi patuhi protokol dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, memetakan kerawanan tempat pada pemilihan suara  serta tingkat deteksi dini untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat sehingga setiap masalah yang berpotensi dapat diantisipasi, melakukan kerjasama yang harmonis dengan segala elemen, peduli tugas pokok yang berlaku untuk menghindari keraguan dan kesalahan, menjaga komitmen dan netralitas serta tidak terlibat politik praktis dalam kegiatan ini, lakukan pengawasan dan pengendalian secara berjenjang terhadap pelaksanaan tugas meminimalisir penyimpangan, dan kepada satuan Linmas agar bersinergi, karena Linmas memiliki peran strategis dalam penanganan langsung di TPS.

Dalam pungkasannya, Pak Bro menegaskan kesiapan Pemkab Lamongan dalam mengamankan pelaksanaan Pilkades 2022. Kesiapan itu sendiri berlandaskan adanya konsolidasi dari seluruh elemen yang bertugas.

“Kami Pemkab Lamongan siap mengamankan dan menjalankan Pilkades 2022 dengan optimal,” pungkasnya. (hms/aj)
 
 
 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below